Lihat ke Halaman Asli

Sahabat Desa

Institut Pertanian Bogor

Sosial Action Magang BEM FEM: Hari Kedua Program Pendidikan Anak Jalanan di Kampung Mongol

Diperbarui: 28 November 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi h2 kampung mongol

Social Action Magang BEM FEM : H2 Program Pendidikan Anak Jalanan di Kampung Mongol


Mahasiswa Magang BEM FEM IPB University dari Departemen Sosial Lingkungan Masyarakat (Soslimas) telah melaksanakan project social action pada Minggu, 15 Oktober 2023 di Kampung Mongol, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 35 anak Kampung Mongol, dan dihadiri juga oleh ketua serta staff Departemen Soslimas tahun 2022-2023.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh salah satu mahasiswa magang Soslimas BEM FEM, selanjutnya MC membagi anak-anak yang hadir di kegiatan H2 ini menjadi dua kelompok sesuai rentan kelas, yaitu kelas 1-2 diajarkan materi calistung dan kelas 3-6 diajarkan materi berhitung dasar, mulai dari perkalian, pembagian sederhana dan pecahan.

Anak-anak yang belajar materi calistung dibagi lagi menjadi 3 kelompok kecil, dan didampingi oleh masing-masing 1 anak magang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan buku calistung, dan mereka diajari bagaimana cara menulis huruf-huruf alfabet serta diajak untuk belajar berhitung sederhana. Sementara kelompok yang mendapat materi berhitung sederhana belajar Bersama menggunakan papan tulis, lalu Latihan soal yaitu operasi bilangan,  bilangan bulat, dan pecahan.

Sesi selanjutnya adalah ice breaking yang dipandu oleh MC, dilanjut ke agenda berikutnya yaitu bijak sosial media. Materi ini diangkat atas dasar ke prihatinan para orang tua dan Pak Budi selaku  penanggung jawab Majelis Kampung Mongol yang melihat anak-anak di Kampung Mongol kurang bijak dalam bersosial media, mereka lebih tertarik pada konten-konten TikTok yang kurang pantas untuk usianya, seperti berjoget-joget yang kurang pantas, dan menonton video yang tidak sesuai dengan rentan umur mereka. Dan kami pun memberi pengajaran kepada mereka dengan metode sharing-sharing atau bercerita sambil menjelaskan tentang bagaimana cara bijak dalam bersosial media, hal-hal positif apa yang dapat dilakukan atau ditonton di gadget mereka, dan diajak untuk membedakan mana hal positif dan mana hal negatif yang dapat dilakukan dalam bersosial media.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi games yang dipandu oleh tim pelaksana dengan bermain tebak gaya, lalu dilanjutkan dengan pembagian makanan ringan kepada anak-anak yang hadir dan mengikuti kegiatan ini, dan kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi Bersama tim pelaksana dengan anak-anak Kampung Mongol.

dokumentasi h2 kampung mongol




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline