Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Kebersihan Diri KB TK IT As Salam oleh Mahasiswa PMM 94 UMM

Diperbarui: 18 Agustus 2024   19:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim PMM memberikan sikat gigi dan cuttonbud pada anak-anak TK B/dokpri

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 94 gelombang 03 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan program program kerja di KB TK IT As Salam di Jl. Bend. Riam Kanan No.13, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Melalui kegiatan PMM yang dilakukan mahasiswa dengan berbagai kegiatan positif bagi anak-anak di KB TK IT As Salam salah satunya yaitu edukasi kebersihan diri yang meliputi gigi, telinga dan kuku.

Tim PMM kelompok 94 gelombang 3 terdiri dari Dela Alputri Primana (Farmasi), Ailsa Nasywa Nabila (Farmasi), Diky Aditya (Farmasi), Ditapramesti Cahyaningtyas Harianto (Farmasi), Sagita Nur Indrias Kusuma Wardani (Farmasi) dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Fitrian Aprilianto, S.E., M.E.

Kebersihan diri merupakan suatu upaya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan perorangan yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit pada diri sendiri dan orang lain, baik secara fisik maupun psikologis yang mencakup perawatan kebersihan kulit kepala, rambut, mata, hidung, telinga, kuku, kulit, tangan, dan kaki. Mengajarkan perilaku bersih kepada anak-anak dapat meningkatkan kesadaran mereka dalam memperhatikan kebersihan pribadi yang berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit. Pengetahuan dan praktik kebersihan diri yang tepat berperan penting dalam menghindari penyakit menular.

Melalui kegiatan ini, PMM UMM kelompok 94 gelombang 3 melaksanakan program kerja edukasi kebersihan diri untuk meningkatkan kesadaran pada anak pentingnya menjaga kebersihan diri meliputi gigi, telinga dan kuku.

Anak-Anak TK B mempraktikkan cara menggosok gigi dengan alat peraga/dokpri

Kegiatan yang dilakukan dimulai dengan edukasi gigi dengan menonton bersama cara menggosok gigi yang baik dan benar. Selanjutnya menggunakan alat peraga gigi dengan memperagakan kepada anak-anak TK B cara menggososk gigi kemudian dipraktikkan langsung oleh anak-anak TK B secara bergantian menggunakan alat peraga gigi. Harapannya anak-anak TK B dapat menerapkannya pada saat menggosok gigi setiap hari.

Program kerja selanjutnya yaitu edukasi terkait kebersihan telinga dilanjutkan kebersihan kuku dengan menonton bersama melalui televisi yang tersedia didalam kelas. Dan anak-anak TK B juga diberikan sikat gigi dan cuttonbud. Program kerja ini diharapkan dapat menjaga kesehatan anak dengan menjadikan kebersihan pribadi sebagai kebiasaan. Kebersihan pribadi adalah konsep dasar pembersihan, perawatan dan merupakan langkah pertama menuju kesehatan yang baik.

(rilis: PMM UMM kelompok 94 gelombang 3)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline