Lihat ke Halaman Asli

Sagita Regina

Seorang Mahasiswa

Partisipasi Mahasiswa KKN UM dalam Pembuatan Desain Publikasi pada Kegiatan Penjaringan Perangkat Desa Selorejo, Dau

Diperbarui: 14 Juli 2021   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penjaringan perangkat desa merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh panitia penjaringan pada setiap periode jabatan. Kegiatan Penjaringan perangkat desa ini tengah berlangsung pada Bulan Juni hingga Juli 2021 di Desa Selorejo yang terletak di Kecamatan Dau, Kab. Malang. Calon perangkat desa yang terpilih nantinya akan ditempatkan pada formasi atau jabatan tertentu di kantor desa. Panitia penjaringan kemudian mengatur rundown kegiatan yang sederhananya terdiri dari penentuan persyaratan, pendaftaran calon perangkat desa, hingga pengumuman terpilihnya calon perangkat desa.

Persyaratan pendaftaran calon perangkat desa ini mengacu pada Peraturan Bupati Malang Nomor 81 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan salah satunya adalah publikasi penjaringan calon perangkat desa. Publikasi merupakan tahap awal yang diantaranya terdiri dari pembuatan brosur dan banner pendaftaran perangkat Desa. Pada tahap ini anggota KKN UM turut berpartisipasi khususnya dalam pembuatan desain brosur dan banner melalui arahan dari panitia penjaringan. Keduanya didesain menarik dan didalamnya mencakup informasi penting terkait pendaftaran perangkat desa. Anggota KKN UM juga telah mencetak sebanyak 200 brosur dan 4 buah banner yang dipasang di beberapa titik Desa Selorejo.

Brosur lalu dibagikan kepada warga sekitar. Publikasi berupa brosur dan banner diharapkan dapat menyebarluaskan informasi terkait dibukanya pendaftaran perangkat Desa Selorejo. Warga yang berminat dan tertarik untuk mendaftar sebagai calon perangkat desa dapat melengkapi berkas-berkas persyaratan yang terlampir pada brosur. Pendaftaran berlangsung pada tanggal 19 - 30 Juni 2021. Selanjutnya berkas calon perangkat desa akan diteliti terlebih dahulu sebelum memasuki tahapan test. Pendaftar yang telah lolos pada tahap ini akan diseleksi dengan mengikuti serangkaian test tertulis dan wawancara. Pengumuman terpilihnya calon perangkat desa diumumkan berdasarkan. Calon perangkat desa yang terpilih harus bersedia ditempatkan dalam jabatan apapun pada Struktur Pemerintahan Desa. Panitia penjaringan berharap agar calon yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah sehingga bersama jajaran perangkat desa lainnya mampu membangun Desa Selorejo menjadi lebih baik.

Penulis: Tim KKN Reguler UM 2021 Desa Selorejo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline