Lihat ke Halaman Asli

Sagita Regina

Seorang Mahasiswa

Penataan Administrasi Desa oleh Mahasiswa KKN UM dalam Rangka Membenahi Arsip Kantor Desa Selorejo

Diperbarui: 13 Juli 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Administrasi pemerintahan desa merupakan keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pemerintahan desa. Melihat pentingnya administrasi desa, maka dari itu kelompok KKN Desa Selorejo membuat program kerja berupa penataan administrasi desa yang dilakukan sejak hari Jumat (11/06/2021) hingga hari Sabtu (10/07/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun arsip serta file pemerintahan desa yang masih kurang tertata. Arsip tersebut meliputi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), surat masuk, surat keluar (surat domisili, keterangan usaha, dl), serta surat deposisi. Selain membenahi arsip, mahasiswa KKN juga membantu untuk merekap surat SPPT dan menginputnya ke microsoft excel.

Surat SPPT yang disusun oleh mahasiswa KKN sendiri merupakan surat SPPT masyarakat Desa Selorejo yang terdiri dari 20 RT. Mahasiswa KKN bertugas untuk mengelompokkan surat SPPT setiap RT berdasarkan nomor SPPT dan nomor blok. Setelah menyusun dan mengelompokkan surat SPPT, kemudian dinaljutkan dengan perekapan dan penginputan surat SPPT kedalam microsoft excel. Sementara untuk penysusunan surat masuk, surat keluar, dan surat deposisi, mahasiswa KKN membantu perangkat desa untuk menyusun surat yang masih tercampur tersebut berdasarkan jenisnya.

Dengan program kerja penataan admistrasi desa ini, diharapkan arsip desa menjadi lebih tertata dan tersusun berdasarkan kelompoknya, sehingga perangkat desa akan lebih mudah mencarinya apabila dibutuhkan dikemudian hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline