Lihat ke Halaman Asli

Pembagian dan Penanaman Tanaman Alpukat oleh Mahasiswa KKN UNIPMA sebagai Upaya Meningkatkan UMKM Desa Sombo

Diperbarui: 3 Maret 2021   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Pemberian Tanaman Kepada Perangkat Desa Sombo

Desa Sombo memiliki berbagai kekayaan alam yang terdapat dalam setiap lingkungan sekitar. Kekayaan alam tersebut dapat dijadikan sebagai potensi untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di kalangan masyarakat Desa Sombo. 

Terdapat berbagai potensi yang dapat dijadikan pengembangan UMKM antara lain tanaman alpukat, pohon kelapa, dan tanaman rambutan. Akan tetapi yang terlihat paling banyak di lingkungan sekitar adalah tanaman alpukat.

Nah melihat dari hal tersebut, Mahasiswa KKN UNIPMA Kelompok 22 melakukan satu program kerja atau kegiatan yang akan mendukung untuk pengembangan UMKM di Desa Sombo tersebut dengan mengadakan kegiatan pembagian dan penanaman tanaman alpukat pada lingkungan sekitar. 

Kegiatan tersebut diawali dengan koordinasi terlebih dahulu dengan perangkat Desa Sombo lebih tepatnya dengan Pak Kamituwo. Beliau mengatakan sangat mendukung penuh kegiatan yang akan dilakukan setelah ada usulan dari Mahasiswa KKN mengenai program kerja tersebut.

Pembelian bibit tanaman Alpukat | dokpri

Setelah ada kesepakatan dengan Pak Kamituwo, Mahasiswa melakukan survey untuk membeli tanaman alpukat. Survey tersebut dilakukan pada tanggal 18 Januari 2021 di Ponorogo lebih tepatnya di Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. 

Mahasiswa KKN berencana akan membeli sebanyak 30 tanaman alpukat yang nantinya akan di bagikan dan di tanam pada lingkungan masyarakat sekitar Desa Sombo. Kemudian pada tanggal 20 Januari 2021 mahasiswa melakukan kegiatan pembagian dan penamanan tanaman alpukat kepada lingkungan masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat Desa Sombo sangat merespon dengan baik.

Dokumentasi Pribadi : Pembagian Bibit Tanaman Alpukat kepada Masyarakat Desa Sombo

Dokumentasi Pribadi : Penanaman Bibit Alpukat di Perkebunan Sekitar Desa Sombo 

Harapan dari Mahasiswa KKN UNIPMA Kelompok 22 adalah dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu mengembangkan potensi UMKM khususnya untuk memunculkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan menambah atau melestarikan tanaman alpukat yang ada di Desa Sombo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline