Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Covid-19 di Desa Luworo oleh Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Diperbarui: 4 Februari 2021   14:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi : Pemberian Handsanitizer anak-anak TPQ Desa Luworo

Madiun, Jawa Timur. Seperti kita ketahui saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19 sejak bulan Februari 2020. Hingga saat ini kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu penyumbang terbanyak kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah zona merah dengan peningkatan jumlah kasus yang cukup signifikan. Kesadaran untuk patuh Protokol Kesehatan yang masih minim disinyalir menjadi penyebab meningkatnya jumlah kasus positif di Kabupaten Madiun bahkan semua daerah di Indonesia.

Desa Luworo yang terletak di Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun menjadi salah satu Desa yang terpilih untuk diselenggarakannya program pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Berdasarkan hasil survei dan pengamatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas PGRI Madiun, kesadaran masyarakat Desa Luworo akan protokol kesehatan masih kurang. Melihat hal tersebut, sebagai bentuk pengabdian diri kepada masyarakat dari mahasiswa berinisiatif untuk mengadakan program kerja berupa edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat Desa Luworo.

Dokumentasi Pribadi : Pembagian Makanan Bergizi dan Handsanitizer.

Kegiatan-kegiatan atau program-program yang dilakukan antara lain yaitu pemasangan banner edukasi tentang protokol kesehatan dan  cara mencuci tangan yang benar. Pemasangan banner edukasi protokol kesehatan di tempat-tempat umum yang mudah dilihat, himbauan tentang cara mencuci tangan dengan baik yang dilakukan setiap kali memasuki tempat umum seperti kantor desa, mushola, dan pos kamling. Selain dilakukan edukasi, mahasiswa juga melakukan aksi nyata berupa pembagian masker serta handsanitizer kepada anak-anak dan masyarakat Desa Luworo. Tidak hanya perlindungan dari luar berupa masker dan Handsanitizer mahasiswa Universitas PGRI Madiun juga membagikan makanan-makanan sehat bergizi demi menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Seseorang  yang memiliki imun kuat di dalam tubuhnya tidak akan mudah terserang atau tertular penyakit.Pembagian masker, handsanitizer dan makanan sehat dilakukan bersamaan diselenggarakanya sosialisasi tentang edukasi bahaya Covid-19 dan edukasi cara pemakaian masker dan handsanitizer yang benar. Pembagian juga dilakukan dengan sistem dari rumah ke rumah anak-anak dan masyarakat Desa Luworo yang tentunya sesuai dengan protokol kesehatan.

Dokumentasi Pribadi : Pemasangan Banner Panduan Cuci Tangan di Fasilitas Umum.

Serangkaian program-program kerja di atas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Luworo akan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan meningkatkan imunitas tubuh masyarakat Desa Luworo. Diharapkan dengan meningkatnya kesadaran akan patuh Protokol Kesehatan dan imunitas tubuh yang terjaga mampu mencegah penularan virus  Corona dan menekan peningkatan jumlah kasus positif Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline