Lihat ke Halaman Asli

Cak Udin

m e n c a r i

Kandungan Surah al-Fatihah Serta 35 Nama-namanya

Diperbarui: 2 September 2021   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama-nama surah al-Fatihah / nu online

Surah al-Fatihah merupakan salah satu surah yang diturunkan di Makkah. Dalam surah al-Fatihah terdapat 139 huruf dan terdiri atas 25 kata.

Surah al-Fatihah terdiri atas 7 ayat, surah ini merupakan surah yang paling sering dan paling banyak dibaca umat muslim dalam kehidupan sehari-hari, karena membaca surah ini merupakan syarat sah dari sholat seorang muslim.

Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Tidak (sah) salat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (al-Fatihah)."

Dilansir dari buku Samudera al-Fatihah oleh Bey Arifin, menurut kitab Khazinatul-Asrar karangan al-Ustadz Muhammad Hakky an-Nazily, surah al-Fatihah memiliki atau mempunyai 30 nama.

Nama-nama surah al-Fatihah ada yang diambil dari berbagai hadis Nabi mengenai al-Fatihah, dan ada pula nama yang dimiliki karena penetapan dari para Sahabat Nabi dan para Tabi'in.

surah al-Fatihah dan terjemahan/dokpri

35 nama-nama yang diberikan kepada surah al-Fatihah beserta artinya tersebut adalah:

1. Al-Fatihah atau Fatihatul-Kitab, yang artinya ialah pembuka atau sebagai pembuka kitab. Dengan nama ini terdapat banyak penjelasan dalam hadis.

2. Ummul-Kitab, yang artinya induk kitab. Pemberian nama ini juga terdapat di dalam banyak hadis. Pemberian nama Ummul-Kitab di artikan bahwa al-Fatihah mengandung semua hal yang terdapat dalam al-Quran, yaitu mengenai Ketuhanan, Alam, Akhirat, Ibadat, dan Sejarah-sejarah.

3. Ummul-Quran, artinya Induk al-Quran. Pemberian nama ini juga banyak dijelaskan dalam hadis. Banyak pendapat mengapa surah al-Fatihah disebut juga Ummul-Quran, salah satunya adalah karena dalam surah ini isinya dianggap sebagai ringkasan dari seluruh isi dalam al-Quran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline