Lihat ke Halaman Asli

Empat Hal Dasar yang Harus Dikuasai oleh Siswa di Dalam Belajar Bahasa Inggris

Diperbarui: 8 Januari 2024   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Ketika ditanya guru "maukah kamu mahir dan terampil dalam bahasa inggris?" pasti jawaban siswa "mau" tapi kebanyakan dari mereka belum tahu dari mana harus memulainya.

Ini merupakan pengalaman saya sebagai tenaga pendidik, kebetulan saya mengajar mata pelajaran bahasa inggris. Setiap kali saya mengajar, saya selalu memberikan masukan dan motivasi untuk siswa saya hal-hal dasar yang harus dikuasai  jika ingin mahir dalam bahasa inggris baik lisan maupun tulisan. 

1. Paham tentang penggunaan subject (I, You, They, We,She,He,It), khusus empat subejct pertama, saya sering  singkat menjadi "AYUK     DEWI". Ini mirip dengan sebuah nama perempuan yang lebih tua usianya daripada usia kita, A=I, Yuk=You, De=They, Wi=We.

2. Pahami penggunaan object (me, you, them,us, her,him,it), siswa seringkali keliru untuk membedakan antara subject dan object saat        menulis              kalimat.

3. Pahami penggunaan possessif (my, your, their, our, her, his, its), ini juga sering membingungkan siswa dalam penulisan kalimat

4. Pahami tentang TOBE (am, is, are, was, were), siswa sering juga kesulitan dalam penggunaan tobe, kesalahan mereka ketika menuliskan kalimat dan sulit menentukan atau juga lupa kapan tobe itu sendiri digunakan di dalam kalimat.

Itulah pengalaman saya sewaktu mengajar bahasa inggris di kelas, walaupun belum signifikan tapi perubahan sudah ada pada siswa, terlihat ketika saya memberikan pertanyaan baik lisan maupun tulisan kepada mereka. Semoga secuil pengalaman ini dapat memberikan manfaat bagi yang lain,khususnya yang ingin belajar dasar bahasa inggris.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline