Lihat ke Halaman Asli

Taman Loka Jaya Jepara, Memiliki Kewalian Sunan Kalijaga

Diperbarui: 29 Juni 2021   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Taman Loka Jaya Jepara, Memiliki Sisi Kewalian Sunan Kalijaga
Membuka mata menghirup udara  nan asri dengan memeluk embun di pagi hari, Desa wisata yang  menyuguhkan pemandangan gunung  di sekitarnya mempunyai banyak tanaman-tanaman hijau yang berada di dataran tinggi kini kian di datangi banyak pengunjung.

Wisata Loka Jaya yang berada  Desa Tengguli Kabupaten Jepara menjadi salah satu wisata yang mampu menduduki pencarian nomer satu di kabupaten Jepara. Wisata Loka Jaya dibangun setelah kesepakatan pemerintah Desa  pada tahun pertama 2020 bulan Juni yang di biyayai oleh dana Desa  dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pemuda-pemuda setempat.  Pembangunan wisata Loka Jaya menggandeng konsultan desain  master plan dengan biaya 20 juta. Dengan master plan itu tentunya,  pembangunan di taman Loka Jaya   akan berjalan sesuai dengan master plan yang sudah dirancang oleh pengelola.

Menurut Khoirudin Farid selaku pengelola Taman Loka Jaya mengatakan, pembangunan kedua tahun 2021 masih menggunakan dana Desa untuk pembuatan taman, gazebo, pavingisasi serta penggalian kolam renang yang akan beroprasi pada tahun 2021. Meskipun memiliki keindahan yang tersendiri  tiket masuk wisata pada saat ini masih gratis, tetapi pada bulan awal syawal ada penarikan untuk sepeda motor Rp. 3.000 untuk mobil Rp. 10.000.  "Karena ramainya hanya di hari aktif dan sore hari dengan menikmati sunset yang ada, cocok untuk acara keluarga,"ujarnya.

Dia menambahkan, Taman Loka Jaya masih memiliki kaitan dengan sejarah peninggalan sunan kalijaga mencari tiang soko yang ada di masjid agung yang dulunya singgah di petilasan di sekitar taman Loka jaya yang ditugaskan di desa Tengguli untuk mencari tiang kayu jati yang samapai sekarang ini masih utuh namun dimakan rayap, sehingga sampai sekarang masih ada kaitannya dengan Sunan Demak dan Sunan Kalijaga.

Kata Farid, di sana terdapat ribuan Bunga di taman wisata  yang di datangkan dari Boja Kendal, meskipun tempatnya berada di dataran tinggi namun, masih banyak kekurangan air untuk menyiram ribuan bunga. Adanya pemandangan gunung yang indah, sawah yang masih asri dan di tengahnya ada sungai  sehingga menjadikan incaran para pengunjung, Dengan semangat pengelola dan pemuda pemuda  bergotong royong mengambil air dari sungai untuk  menyiram ribuan tanaman dan Bunga.

Loka Jaya destinasi Desa Tengguli Kabupaten Jepara menyuguhkan keindahan alam yang asri, memikat hati ketika cuaca sedang cerah sehingga bisa menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Bukan hanya sekedar menyuguhkan keindahan alam. Tempat wisata yang ada petilasan untuk bertawasul sebagai orang muslim pada umumnya, sehingga ssetelah berwisata bisa bertawasul untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline