Lihat ke Halaman Asli

gadis shafira

lama ga nulis, dan ini semua tulisan lama. sowwy kalau ada bahasan yang aneh aneh hahahha

Anak Main Kotor-kotoran? Jangan Khawatir...

Diperbarui: 21 Oktober 2017   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

picture by satuharapan.com

ketika hujan turun dan berhenti lalu anak anak meminta untuk bermain lumpur dihalaman, apa reaksi bunda ?sebagian bunda pasti ada yang bilang jangan tetapi banyak pula yang mempersilahkan. taukah bunda faktanya membiarkan anak bermain kotor-kotoran banyak sekali manfaatnya.

 Menurut Psikolog Anak,  Mayke S. Tedjasaputra M.Psi, kekhawatiran dan ketakutan orang tua itu merupakan satu kesalahan besar dalam pola pengasuhan anak. Anak akan kehilangan satu hal yang akan mereka eksplorasi, atau anak akan melakukannya secara sembunyi-sembunyi agar tidak katahuan orang tuanya. Kata-kata larangan seperti "jangan" justru memicu potensi  hambatan perkembangan. Keberanian, kecerdasan dan rasa percaya diri  yang ada dalam diri si kecil lambat laun akan menghilang.

melihat anak bermain kotor terkadang memang menyebalkan. baju kotor, terkena banyak bakteri, menyentuh apapun yang ingin diketahuinya. Tapi, bunda tak perlu khawatir. bermain kotor-kotoran ternyata baik untuk anak. Kok, bisa?

  • Meningkatkan IQ Anak
    Ada jutaan organisme yang hidup di tanah, salah satunya adalah Mycobacterium Vaccae. Bakteri ini dapat mengaktifkan neuron pada otak yang menghasilkan serotonin. Serotonin adalah zat kimia yang berfungsi sebagai antidepresan alami di dalam tubuh. selain itu anak jadi lebih mudah mengingat dan menghafal benda-benda, flora dan fauna disekitar wilayah ia bermain. seperti saat bermain lumpur dihalaman, anak jadi bisa mengetahui ember, sekop, tumbuh-tumbuhan yg ada dihalaman serta berbagai macam nama nama serangga yg berada disekelilingnya seperti kupu-kupu capung dan sebagainya.
  • Meningkatkan Sistem Imun Anak
    Di dalam tanah, terdapat mikroba alami yang dapat membuat tubuh si Kecil menjadi lebih kuat dan tidak mudah terjangkit penyakit. Sebaliknya, higienitas yang berlebihan justru akan menurunkan daya tahan tubuhnya, karena ia tak terpapar oleh beragam jenis bakteri. 
  • Menjadi Lebih Sehat
    Dengan bermain di luar rumah hingga kotor, tentunya si Kecil akan menjadi lebih aktif bergerak. Hal tersebut menjadikan si Kecil jauh lebih sehat, dibandingkan anak yang hanya bermain komputer,game, atau smartphone di dalam rumah saja. 
  • Lebih Banyak Tertawa
    Saat bermain hingga kotor di luar rumah, si Kecil akan menjadi lebih banyak tertawa. Ia menjadi lebih ceria karena dapat bermain dengan bebas tanpa takut pakaiannya menjadi kotor. Lebih banyak tertawa akan menjadikan jiwa si Kecil lebih sehat.
  • Membantu Pengembangan Karakter Anak
    Saat bermain kotor bersama teman-temannya, si Kecil juga akan mengalami pengembangan karakter menjadi lebih berani dan percaya diri. Selain itu, si Kecil juga akan menjadi lebih memahami dan dapat menilai risiko dari aktivitas yang dilakukannya.
  • Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif  

         Si kecil akan merasakan berbagai stimulasi yang berbeda, seperti rumput basah, embusan angin, batu kerikil yang kasar, hingga lumpur               yang kotor. 

so, tidak perlu khawatir dan memarahinya saat mendapati tubuh anak kotor oleh lumpur atau tanah. Yang bisa bunda lakukan adalah memberinya batasan kapan ia boleh bermain kotor, dan menjaganya agar ia kembali bersih setelah bermain kotor. semoga bermanfaat^^




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline