Lihat ke Halaman Asli

Safira Rahma

Mahasiswi

K-Pop sebagai "Senjata" MBS Tingkatkan Perekonomian Arab Saudi

Diperbarui: 20 Oktober 2022   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Muhammad bin Salman atau sering dikenal dengan MBS merupakan putra mahkota Arab Saudi yang telah ditunjuk pada 2017 oleh Raja Salman. Sejak saat itu, ia telah banyak merombak sistem sosial budaya masyarakat Arab Saudi dan membawa negaranya ke arah yang lebih moderat. Beberapa program seperti Quality of Life Program dirancang oleh MBS untuk secara konsisten berkontribusi dalam proses transformasi ekonomi dari ekonomi berbasis pendapatan menjadi ekonomi yang produktif dan berdaya saing global. Melalui program-program tersebut pengembangan dan modernisasi di berbagai bidang dilakukan termasuk dalam industri hiburan.

Dalam beberapa tahun terakhir masyarakat Arab Saudi telah terkena demam K-pop. Fenomena ini tampaknya dimanfaatkan oleh MBS untuk mengembangkan serta meningkatkan budaya dan industri hiburan negaranya. Terbukti sejak tahun 2019 grup K-pop Super Junior menjadi musisi K-pop pertama yang dapat tampil di Arab Saudi. Beberapa bulan setelahnya BTS menyusul dengan menggelar solo konser di Stadion terbesar di Arab Saudi, King Fahd Internasional Stadium. Bahkan beberapa minggu lalu, pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober, Riyadh menjadi tuan rumah untuk konvensi budaya tahunan Korea "KCON” yang untuk pertama kalinya diadakan di Boulevard Riyadh City dengan mengundang 12 musisi K-pop ternama.

Dengan memanfaatkan fenomena demam K-pop yang sedang mewabah, Arab Saudi dapat menarik lebih banyak turis dan investor asing yang kemudian dapat meningkatkan perekonomian negara. Hal ini sejalan dengan penerapan Visi 2030 Arab Saudi yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian dengan mengurangi ketergantungan Arab Saudi pada sektor minyak bumi serta membawa Arab Saudi ke arah yang lebih moderat.

Penulis menilai MBS telah mengambil langkah yang cerdas dan berani. Cerdas karena dapat memanfaatkan fenomena yang sedang terjadi demi keuntungan negaranya dan berani karena dapat merombak sistem sosial budaya negaranya yang sebelumnya sangat konservatif.

 

Referensi:

Arab News. Emotional Night For Saudi Fans As K-Pop Legends Super Junior Perform In Kingdom For First Time, 13 Juli 2019 [diakses pada 19 Oktober 2022]. Tersedia dari https://www.arabnews.com/node/1524921/saudi-arabia.

BBC News. 2019. BTS: K-pop band perform in Saudi Arabia despite criticism, 11 Oktober 2019 [diakses 19 Oktober 2022]. Tersedia dari https://www.bbc.com/news/world-middle-east-50022766

Kingdom of Saudi Arabia. Quality of Life Program Implementation Plan. Diakses pada 19 Oktober 2022, dari https://www.vision2030.gov.sa/v2030/vrps/qol/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline