Lihat ke Halaman Asli

Safirah Putri Farahiyah

Mahasiswa IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Esensialisme

Diperbarui: 19 Mei 2020   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Pengertian Filsafat Esensialisme

Aliran esensialisme merupakan aliran dari hasil kombinasi antara aliran idealisme dan aliran realisme. Bertemunya dua aliran ini adalah sebagai pendukung aliran esensialisme. Esensialisme selalu mengutamakan esensi daripada eksistensi. 

Aliran esensialisme adalah suatu aliran filsafat yang bertujuan agar setiap manusia kembali pada kebudayannya yang lama. Kebudayaan terdahulu yang telah berabad-abad dan dapat dijadikan pedoman bagi manusia untuk kehidupan akan datang yang lebih baik lagi. Karena kebudayaan lama sangat memuat nilai-nilai kebaikan bagi seluruh umat manusia.

B. Implikasi Filsafat Esensialisme Dalam Pendidikan

Aliran esensialisme bagi pendidikan adalah bagaimana menjadikan siswa dapat hidup produktif dalam mempertimbangkan kebutuhannya. Aliran ini dalam pendidikan dapat melatih siswa untuk lebih membudayakan warisan kebudayaan dan warisan sejarah dengan pengetahuan yang sudah teruji, dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Adanya aliran esensialisme dalam pendidikan, tentunya dapat membuat siswa siap menghadapi persoalan-persoalan di masa yang akan datang dengan berkaca pada kebudayaan dan sejarah yang sudah lalu. 

Dari situ dapat disimpulkan bahwa tujuan dari aliran esensialisme dalam pendidikan dijadikan tolak ukur transmisi kebudayaan dan menentukan solidaritas sosial.

C. Tokoh-Tokoh Filsafat Esensialisme

Pandangan John Locke tentang aliran esensialisme adalah pendidikan harus selalu berdampingan dengan situasi dan kondisi yang ada. Karena esensialisme adalah aliran yang bertujuan untuk menjadikan manusia kembali pada kebudayaan lama, maka situasi dan kondisi masa lalu yang terjadi pada masa kini dapat dijadikan pedoman manusia untuk melakukan perubahan dan memecahkan persoalan dalam kehidupan dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline