Lihat ke Halaman Asli

Safirah Insania

saya seorang mahasiswa

Cara Pengumpulan Informasi Asesmen

Diperbarui: 22 Mei 2019   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana mengumpulkan Informasi Asesmen dalam BK ?.

Asesmen ini merupakan kegiatan mengumpulkan informasi dari siswa sendiri hingga lingkungan siswa untuk mengungkap masalah siswa serta berbagai faktor yang menimbulkan problem assessment. Asesmen dapat dilakukan dengan wawancara. 

Wawancara asesmen dapat dilakukan melalui proses identifikasi, analisis masalah, dan konseling. Supaya wawancara berjalan dengan lancar sebaiknya guru BK menguasai ketrampilan dasar konseling berupa ketrampilan memperhatikan siswa , ketrampilan mendengarkan masalah siswa, ketrampilan mengarahkan siswa, dan ketrampilan sikap. 

Keterampilan dalam proses wawancara asesmen merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam proses analisis, pengembangan hipotesis, dan perancangan program bantuan kepada siswa. Sedangkan untuk pengumpulan informasi asesmen secara individu bisa dilakukan dengan resmi seperti membuat surat panggilang bahwa siswa akan melakukan wawancara dengan guru BK. 

Jika dilakukan tidak resmi maka siswa mengerjakan suatu kegiatan untuk melaksanakan hasil keputusan dalam konseling. Maka dari itu jika pengumpulan informasi asesmen dilakukan secara tidak resmi dapat melakukan penilaian dengan menggunakan metode pengamatan/ observasi, pencatatan, dan pengumpulan hasil kegiatan. 

Pengumpulan informasi asesmen berbasis individu dapat dilakukan dengan cara; Penilaian berkesinambungan /berkelanjutan, guru melakukan penilaian wawancara dan observasi secara terus-menerus terhadap siswa; Penilaian proses, melihat bagaimana siswa dapat memecahkan masalah dengan mengambil keputusan dan dilakukan pada saat konseling dilakukan; Penilaian Produk, penilaian keputusan masalah yang di dapat dari siswa dan berasal dari hasil konseling. 

Evaluasinya berupa keputusan siswa dengan kegiatan yang diterapkan dalam keseharian siswa setelah selesai konseling. Guru pengajar dapat membantu guru  BK dalam menilai perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa di dalam maupun diluar kelas; Penilaian Proyek ini di dasarkan pada kesepakatan antara siswa dengan guru BK, siswa akan mengkomunikasikan dan merancang cara untuk menyelesaikan masalah.

Diharapkan dengan mengetahui cara pengumpulan infomasi asesmen guru BK dapat menangani setiap masalah atau kasus siswa di sekolah dengan lancar, baik dan benar. Selain itu siswa merasa terbantu dengan adanya BK di sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline