Lihat ke Halaman Asli

Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Cinta kasih dalam kebenaran berperan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bermasyarakat. Pada SIAP 2022 hari kedua ini, terdapat banyak sekali pelajaran yang diberikan mengenai cinta kasih dalam kebenaran.

Sebagai seorang mahasiswa, tidak dapat dipungkiri kita pasti akan mendapatkan tugas berkelompok ataupun hal lainnya yang bersifat sosial, disinilah cinta kasih dalam kebenaran dapat ditemukan. Contohnya adalah saat kita memiliki tugas berkelompok, namun salah satu teman kita tidak ikut membantu mengerjakan tugas (free rider). Sebagai seseorang yang mengamalkan point SINDU nomor dua ini, kita tidak boleh membiarkan teman kita tidak ikut dalam tugas kelompok seperti itu.

Sebagai temannya, kita  bisa mengajak diskusi dan menanyakan terlebih dahulu alasan kenapa dia tidak bisa mengikuti kegiatan berkelompok. Kita wajib tegas dan memiliki kejujuran, tidak menghakimi sendiri apa yang sedang terjadi pada orang lain. Selain itu kita juga secara tidak langsung menolong teman kita agar tidak terjerumus ke arah yang salah, karena jika dibiarkan bisa saja menjadi kebiasaan dan itu berdampak buruk bagi dirinya.

Jadi, point yang didapat dalam pembelajaran hari ini adalah, cinta kasih dalam kebenaran mengajarkan kita untuk memiliki kejujuran, bermanfaat bagi orang lain, berpikiran positif, membantu  dan peduli terhadap sesama. Dengan menerapkan sifat tersebut, kita dapat mengasihi sesama dan menyebarkan kebaikan serta kebahagiaan dalam bentuk cinta kasih dalam kebenaran.

https://unpar.ac.id/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline