Lihat ke Halaman Asli

Gigit Kuku Merupakan Perilaku Positif

Diperbarui: 10 Desember 2017   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bagi sebagian orang menggigit kuku dianggap sebagai perbuatan yang menjijikkan. Karena menurut mereka kuku itu kotor, kuku adalah tempat menumpuknya kuman karena tangan adalah sesuatu yang kita gunakan untuk menyentuh ataupun memegang apapun dalam segala aktivitas sehari-hari, dan berbagai opini negatif lainnya. Faktanya, menggigit kuku memiliki manfaat untuk kesehatan. Bagi Anda yang memiliki kebiasan menggigit kuku, ternyata terdapat hal positif dari kebiasaan tersebut.

            Hasil penelitian yang dilakukan peneliti asal Selandia Baru dan Kanada yang diterbitkan dalam jurnal Pediateics.Mereka menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan mengigit kuku bisa menurunkan risiko terkena beberapa jenis alergi, seperti alergi gigitan serangga dan hewan peliharaan.

            Peneliti tersebut telah mengikuti perkembangan 1000 orang mula dari kelahiran hingga berusia 32 tahun dan menguji mereka secara berkala mengenai hubungan mereka dengan reaksi alergi. Secara mengejutkan, orang dewasa yang dulunya memiliki kebiasaan menggigit kuku waktu kecil tidak rentan terhadap alergi, dibanding orang dewasa yang dulunya tak punya kebiasaan menggigit kuku.

            Penemuan ini didukung dengan hipotesis tingkat kebersihan dan interaksi yang mungkin terjadi seperti misalnya infeksi bakteri, virus, dan sumber alergi. Mikroba-mikroba ini bisa masuk ke tubuh dan membentuk populasi di dalam tubuh yang justru mengajari sistem imun tubuh untuk lebih kuat, mempertahankan diri, dan terbiasa dengan bakteri atau virus tersebut.

            Jadi, ketika tubuh benar-benar diserang bakteri sejenis yang lebih kuat tubuh bisa mempertahankan diri dan melawan bakteri, virus dan sumber alergi tersebut. Oleh karena itu, jangan menilai sesuatu hanya dengan melihat dari sisi negatifnya saja guys...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline