Baru-baru ini usaha bisnis online mulai merabak dunia usaha, pasalnya dalam masa pandemi ini banyak usaha yang harus gulung tikar dikarenakan sepinya pengunjung atau pelanggan yang datang. Dengan adanya atau diberlakunya ketentuan pemerintah untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ), masyarakat tidak lagi berpergian keluar rumah atau mengunjungi keramaian kota. Jadi para pelaku usaha diluar sana merasakan dampak sepi pengunjung.
Salah satu inovasi dalam pemasaran untuk para pelaku usaha adalah menggunakan teknologi yang saat ini sedang berkembang. Media Sosial contohnya. Dengan adanya Media Sosial yang sekarang populer dikalangan semua orang mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa, kita bisa memanfaatkan Media Sosial sebagai ajang " Pasar " untuk menjual produk atau dagangan kita. Karena dengan kita menjual produk kita di Media Sosial, kita bisa menjangkau pelanggan hingga jarak yang jauh.
Keuntungan memasarkan produk di Media Sosial yaitu:
1. Efisien dari segi tenaga
2. Jam kerja bisa disesuaikan dengan kemampuan
3. Mudah untuk berkomunikasi
4. Mudah untuk memberikan informasi detail produk
5. Mengetahui kepuasan pelanggan dari point atau bintang yang diberikan
Untuk mengenal dunia pemasaran di Media Sosial, penulis akan memberikan beberapa cara melakukan pemasaran di e-commerce :
1. Perlu Stok barang, persiapan untuk penjualan kita perlu stok barang, agar kita bisa menjual dengan produk-produk yang sudah kita sediakan untuk meminimalisir adanya pembatalan pesanan karena barang atau produk yang dipesan tidak tersedia
2. Mendaftar toko di Media Sosial atau E-commerce, langkah selanjutnya untuk memasarkan produk kita di e-commerce maka kita perlu mendaftar toko terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan e-commerce. Berbeda dengan e-commerce Media sosial seperti Facebook, Instagram dll jika sudah memiliki akun diplafom tersebut, maka kita hanya cukup dengan mengubah tampilan akun kita dengan akun bisnis