Lihat ke Halaman Asli

Fokuskan Pemasaran Produk, Mahasiswa KKN Tematik Undip Maksimalkan Strategi Pemasaran Baik Digital Maupun Konvensional!

Diperbarui: 25 Agustus 2022   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM merupakan usaha kecil mikro menengah yang dijalankan secara individu, rumah tangga ataupun badan usaha berukuran kecil. Jumlah UMKM di Indonesia mengalami kenaikan setiap tahunnya, persaingan yang semakin ketat menuntut pemilik UMKM untuk memiliki strategi dalam pemasaran produknya. Memiliki kemampuan memasarkan produk adalah sebuah kemampuan utama yang harus dimiliki bagi pelaku UMKM. Begitu pula yang dilakukan oleh UMKM Puspitasari Putri. UMKM Puspitasari Putri menjadi salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner tradisional, khususnya minuman rempah modern dengan kemasan menarik yang tentu kaya akan gizi dan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, walaupun memiliki banyak khasiat dan kaya akan gizi, minuman rempah atau jamu sudah jarang ditemukan keberadaannya dan kerap diabaikan oleh publik, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang memungkinkan untuk menarik perhatian masyarakat. Pemasaran menjadi hal yang penting untuk dilakukan, karena dengan melakukan pemasaran dapat meningkatkan brand awareness produk yang dimiliki oleh UMKM Puspitasari Putri.

Untuk meningkatkan brand awareness produk yang dimiliki oleh UMKM Puspitasari Putri, Puspitasari Putri dan Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro (Undip) melakukan banyak kegiatan promosi yang bertujuan untuk mengenalkan produk jamu di kalangan masyarakat melalui banyak cara dan kegiatan, seperti promosi di Car Free Day dan Festival kuliner. Dalam rangka membantu para UMKM di Kabupaten Pemalang, Diskoperindag (Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan) menggelar acara GCC Fest Pemalang 2022 pada tanggal 9 - 14 Agustus 2022. Salah satu tujuan dari acara ini yaitu agar masyarakat mengetahui mengenai produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Pemalang. Adanya pelaksanaan Festival Kuliner yang menjadi serangkaian acara  GCC Fest Pemalang, rupanya dimanfaatkan oleh UMKM Puspitasari Putri dan Tim KKN Tematik Undip sebagai tempat untuk mengenalkan produk minuman rempah yang berkhasiat kepada masyarakat pemalang. Acara  GCC Fest Pemalang terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan sehingga pengunjung yang datang berasal dari berbagai usia. Tim KKN Tematik Undip mengenalkan minuman rempah dan bekerjasama dengan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pemalang untuk ikut serta mempromosikan minuman rempah dari UMKM Puspitasari Putri sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Pemalang.

Seraya mengikuti bazar, festival kuliner dan Car Free Day, dalam upaya memasarkan minuman rempah UMKM Puspitasari Putri, Tim KKN Tematik Undip memanfaatkan beberapa media digital yang dapat digunakan untuk mempromosikan minuman rempah, diantaranya yaitu menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok dan Facebook. Mahasiswa KKN juga membuatkan akun Google Bisnis untuk UMKM Puspitasari Putri, Google Bisnis bermanfaat untuk membantu agar bisnis UMKM Puspitasari Putri dapat ditemukan di Google, seperti di Maps dan penelusuran. Selain melakukan promosi di media sosial, untuk meningkatkan penjualan, Tim KKN Tematik Undip juga memanfaatkan E-Commerce Shopee dan GrabFood sebagai media penjualan online produk minuman rempah milik UMKM Puspitasari Putri. 

Upaya mengoptimalisasikan strategi pemasaran yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Undip ternyata membuahkan hasil. UMKM Puspitasari Putri bersama dengan Mahasiswa KKN Tematik Undip menerima pesanan lebih dari 70 buah botol jamu sirup dari pelanggan yang berasal dari Jakarta untuk kemudian akan dibawa dan diedarkan di Pulau Sumatera. Tim KKN Tematik Undip juga berhasil menjual total hampir 100 buah botol minuman rempah untuk varian minuman segar, varian sirup, dan varian serbuk sari di kegiatan Car Free Day Kabupaten Pemalang. Nilai yang cukup fantastis untuk hasil dari kegiatan KKN!

untitled-design-630625463adb475b427f49c2.jpg

Dari adanya kegiatan pemasaran baik secara online dan offline yang dilakukan oleh Tim KKN Tematik Undip ini memberikan manfaat yang berguna bagi UMKM Puspitasari Putri. Manfaat yang hadir dari kegiatan ini yaitu memperluas pangsa pasar, meningkatkan brand awareness UMKM Puspitasari Putri di masyarakat dan meningkatkan persentase penjualan produk minuman rempah dari UMKM tersebut.

Penulis : Tim KKN Tematik Undip Tahun 2022 Kelurahan Beji

Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.

Lokasi: UMKM Puspitasari Putri (Kelurahan Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline