Lihat ke Halaman Asli

Langkah Tepat dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK dalam Era Globalisasi

Diperbarui: 18 Juni 2021   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IPTEK merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai berbagai informasi dan pengetahuan mengenai teknologi yang terdapat di berbagai bidang. Selain itu IPTEK merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai berbagai informasi dan pengetahuan terkait teknologi di berbagai bidang. Pengetahuan mengenai teknologi tidak hanya terbatas pada pendidikan saja, melainkan bidang-bidang lain akan membutuhkan suatu teknologi untuk mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya.

Perkembangan iptek pada masa globalisasi harus disikapi dengan langkah yang tepat. Anda harus memaknai era globalisasi dengan sikap yang positif antara lain tumbuhnya persaingan yang sehat, tingkat kompetisi yang tinggi, harus serba bisa, dan sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa sikap yang perlu anda miliki dalam rangka menghadapi pengaruh globalisasi agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memanfaatkan kemajuan iptek :

1.Memiliki wawasan global

Sikap yang mencerminkan wawasan global yang harus dimiliki bangsa Indonesia untuk menghadapi perkembangan iptekB

a. Budaya global

Perilaku, nilai, dan gaya hidup yang dibawa masuk arus informasi global diterima dengan mudah, meskipun ada yang tidak sesuai dengan nilai sosial budaya sendiri. Munculnya manusia global, orang yang hidup di dunia di Indonesia tetapi lebih merasa sebagai warga komunitas global dan sebagainya.

Pendangkalan wawasan dan kehidupan demokrasi kompetisi media massa global melahirkan demokrasi instan dan pandangan wawasan, dengan proses analisis real time yang langsung jadi dari tempat peristiwa yang mengutamakan nilai gigit, rentang perhatian yang singkat serta kultur pop global

b.Memahami perkembangan dunia yang sangat cepat

Kecenderungan globalisasi yang menimbulkan hubungan interdependensi antara perekonomian negara-negara di dunia. Hal ini akan dibarengi dengan berbagai perkembangan sangat cepat dan juga bersifat struktural.

3.Penyesuaian perkembangan institusi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline