Perkembangan teknologi komunikasi khususnya dalam hal sosial media yang semakin mutakhir dianggap sebagai tantangan sekaligus solusi bagi pemimpin dalam berkomunikasi dan menyuarakan kepentingan-kepentingan politik organisasi secara "halus". Kepentingan atau pesan politik sejatinya tidak melulu tentang cara mendapatkan suara untuk memperoleh dukungan, tetapi bisa juga tentang menyampaikan informasi mengenai ketahanan dan pertahanan, kampanye program-program ekonomi berkelanjutan, sosialisasi program SDGs, dukungan untuk UMKM dan sebagainya. Topik-topik seperti itu merupakan pesan yang sering sekali kita dengar sehari-hari, tetapi tidak dirasakan sebagai pesan "politik".
Dalam hal ini, sosial media tidak hanya menawarkan informasi yang cepat dipahami tetapi juga efisien bagi masyarakat. Sosial media memiliki kekuatan dalam memengaruhi opini publik bahkan mampu menggalang dukungan. Oleh karena itu, kehadiran media sosial tentunya harus dimanfaatkan sebagai media komunikasi oleh pemerintah, aktor politik, pebisnis maupun aktivis dalam menjaga title "Kepemimpinannya".
Kepemimpinan sendiri merupakan suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh terhadap orang lain untuk membantu mencapai suatu tujuan. Aspek terpenting yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah kemampuan meng-influence atau mempengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan orang lain untuk melaksanakan hal-hal yang ingin dicapai dari organisasi yang ia naungi. Seorang pemimpin pasti dijadikan teladan oleh pengikutnya karena pemimpin dipandang sebagai face of the group, decision maker, dan pemegang kunci kesuksesan serta keberhasilan.
Seleksi menjadi seorang pemimpin pun tidak mudah. Mereka harus berusaha sedemikian rupa untuk mendapatkan suara serta dukungan agar bisa menjajah title sebagai "Pemimpin". Dalam masa menjabat pun mereka tetap harus menjalankan program-program dan membuat keputusan yang mampu memenangkan perhatian pihak internal maupun eksternal organisasi. Kepercayaan yang dititipkan kepada seorang pemimpin merupakan tanggung jawab yang harus dijaga dengan sepenuh hati.
Berbeda dengan zaman dulu di mana mengarahkan masyarakat terkesan tidak lebih kompleks karena hanya terdapat satu arahan dan komando sebagai akibat dari akses yang terbatas antara melalui radio, telepon jadul atau mouth to mouth. Saat ini, informasi yang paling diikuti oleh masyarakat adalah informasi yang tersedia dari sosial media.
Tokoh Pemimpin inspiratif yang cukup aktif memanfaatkan sosial medianya adalah Putri Indahsari Tanjung Jatikusumo atau biasa dikenal dengan Putri Tanjung yang merupakan Founder Creativepreneur Corner sekaligus CEO Trans Digital Lifestyle Group. Pesan politik yang kerap disampaikannya adalah dukungan kepada UMKM Indonesia. Ia terlihat sering berkontribusi bahkan membuat sendiri acara yang bertemakan entrepreneurship dengan konsep khas milenial untuk menarik minat anak muda.
Setiap acara yang dihadirinya tidak lupa ia laporkan di sosial media agar dapat membangun semangat anak muda lainnya juga, tidak hanya yang ia temui. Konten-kontennya berupa podcast bernama "Ngobrol Sore Semaunya" yang mengundang bintang tamu inspiratif seperti Najwa Shihab, Maudy Ayunda, Anies Baswedan, dan tokoh lainnya menunjukkan bahwa ia memanfaatkan sosial media dengan cukup baik dalam membangun kesejahteraan Indonesia.
Prestasi Putri Tanjung dalam meng-influence anak muda diakui oleh Presiden Jokowi pada 21 November 2019 lalu dengan menunjuk Putri Tanjung sebagai salah satu Staf Khusus Milenial dengan total 7 staf yang terpilih. Tugas dari Staf Khusus ini sendiri adalah menyampaikan dan menjembatani gagasan-gagasan segar dan inovatif yang dimiliki anak muda agar dapat menciptakan penemuan baru yang dapat membangun kesejahteraan negara. 7 anak muda itu akan menjadi teman diskusi Presiden Jokowi.
Salah satu acara yang diselenggarakan oleh Putri Tanjung selagi mengemban tugasnya sebagai Staf Khusus Milenial adalah Pahlawan Digital UMKM. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dan sudah dilaksanakan sejak 2020. Hadir dengan mata acara utamanya yaitu Kompetisi Pahlawan Digital UMKM 2022 yang dibuka untuk seluruh usaha rintisan (start up) dan inovator digital. Program ini digagas sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para perintis bisnis UMKM berbasis digital. Pada 2022, sebanyak 269 inovator digital telah mendaftar untuk menjadi Pahlawan Digital UMKM 2022. 269 inovator tersebut pun mengikuti rangkaian acara pitching dan workshop untuk nantinya akan dipilih 10 besar finalis dengan 3 terbaik untuk diberikan reward.
Pemanfaatan berbagai platform sosial media oleh Putri Tanjung dalam mengedukasi, menginspirasi, serta mengajak kita untuk "melek" terhadap eksistensi UMKM lokal patut diteladani. Bukan hanya memberikan teori, ia pun turut aktif dalam praktiknya langsung.