Lihat ke Halaman Asli

Safana Dina

Mewakili KKN UM Tematik Bahasa Mandarin 2021

Pembuatan Video Pengenalan Desa Wisata Kali Cemplong oleh Mahasiswa KKN Tematik UM 2021

Diperbarui: 28 Juli 2021   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kota Malang merupakan salah satu kota wisata yang cukup  berkembang di Jawa Timur. Salah satu contohnya adalah Wisata Kali Cemplong, dimana tempat wisata ini baru saja berdiri sekitar dua tahun yang lalu. 

Salah satu kelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, melakukan KKN Tematik di Wisata Kali Cemplong ini dan baru saja menyelesaikan salah satu program kerja yakni Pembuatan Video Promosi mengenai Desa Wisata Kali Cemplong pada hari Kamis (22/07/2021).

Dokpri

Dikarenakan kondisi yang kurang mendukung (adanya pemberlakuan PPKM Darurat), sehingga tidak memungkinkan apabila mahasiswa KKN Tematik terus berada di Kampung Wisata Kali Cemplong. Maka, kegiatan program kerja ini hanya dilaksanakan selama setengah hari, mulai dari take video hingga mewawancarai narasumber yaitu Bapak Andik.

Berdasarkan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa awalnya nama sungai yang berada di sepanjang Kampung Wisata Kali Cemplong tersebut yaitu Sungai Kalisari.

Kemudian, selanjutnya diberi nama Kali Cemplong karena nama tersebut diberikan oleh nenek moyang secara turun-temurun. Konon, usul nama tersebut berawal dari proses pembuatannya "dicemplongi" pada saat kerja rodi di zaman Belanda dahulu kala.

Dokpri

Bapak Andik selaku penanggung jawab Wisata Kali Cemplong, yang juga merupakan salah satu anggota POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) mengungkapkan bahwa, "Diharapkan untuk kepedulian baik dari masyarakat maupun pemerintah. Karena selama pembuatan Kali Cemplong ini murni dari swadaya masyarakat sendiri. 

Semoga kedepannya mendapat perhatian dari pemerintah untuk turun langsung dalam hal pembangunan Wisata Kali Cemplong, karena tempat yang kita tempati adalah lahan milik pemerintah yaitu irigasi. Harapan kita semua yang peduli dengan lingkungan, mari merawat Kali Cemplong agar masyarakat disini semakin berdaya, Kali Cemplong lebih terkenal baiknya karena ini salah satu kader merawat lingkungan."





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline