Lihat ke Halaman Asli

Pantun Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad Saw

Diperbarui: 28 September 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Saepul Hiahmh

Bismillaahirrohmaanirrohiim Segala puji bagi Allah Swt yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan. Solawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw kepada keluarganya, para sahabatnya, para tabi`in dan kepada umatnya. Semoga aktifitas kita selalu mendapat petunjuk dan bimbingan Allah aamiin.

Hari ini  Kamis, tanggal 28 September 2023 Masehi bertepatan dengan tanggal 12 Rabi`ul Awwal tahun 1445 Hijriah. Dikalender tanggal 28 Sepetember 2023 Masehi tanggal merah, yakni Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw hari besar Islam hari libur Nasional. Khusus bagi orang Islam hari kelahiran Nabi Muhammad adalah hari yang sangat agung bulan  yang sangat mulia,  mari kita gunakan untuk memperbanyak amal ibadah kepada Allah Swt. Bulan ini bulan istimewa bagi umat Islam karena atas kelahiran Biginda Rasulullah  Saw. Hari Senin kita ketahui disunatkan untuk berpuasa begitu juga hari Kamis untuk berpuasa sebagaimana kita ketahui puasa sunat Senin Kamis.

Khusus hari Senin dalam sejarah Islam kita ketahui hari Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammad Saw begitu juga hari Senin adalah hari wafatnya Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad lahir pada hari Senin tanggal 12 bulan  Rabi`ul Awwal  bertepatan dengan tanggal 20 bulan April 570 Masehi. Wafat Nabi Muhammad Saw hari Senin tanggal 13 bulan Rabi`ul Awwal 11 Hijriah bertepatan dengan tanggal 06 bulan Juni 632 Masehi. Bulan Rabi`ul Awwal (bulan Mulud) adalah bulan penuh berkah karena umat Islam yang ada di Nusantara mulai dari kampung sampai perkotaan, begitu juga instansi swasta maupun pemerintah bahkan Istana Negara Republik Indonesia rutin tiap tahun mengadakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw.

Beragam orang Islam memuliakan / mengagungkan baik kepada Nabi Muhammad Saw, maupun memuliakan hari Senin termasuk memuliakan bulan Rabi`ul Awwal tentunya dalam rangka memuliakan Nabi Muhammad Saw dan dalam rangkan mendekatkan diri kepada Allah Swt atau dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Mulai dari melaksanakan puasa Senin dan Kamis, ikut menghadiri / tholabul ilmi, memperbanyak membaca solawat, memperbanyak membaca al-Qur`an, meniru suri tauladan Nabi Muhammad melaui sikap, perkata`an, perbuatan sesuai dengan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad, bisa jadi membuat syair-syair tentang sosok pribadi, mukjizat Nabi, kehidupan keluarga Nabi, pergaulan Nabi denga para sahabatnya dan masih banyak yang lainnya.

Khusus bagi penulis dalam rangka mengagungkan bulan kelahiran Baginda Rasulullah Saw tanggal 12 Rabi`ul Awwal atau tanggal 20 bulan April 570 Masehi, dengan cara membuat pantun yang materi (sejarah Nabi) diambil dari berbagai sumber mudah-mudahan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pantun ke-1

Musim Haji Bulan Dzulhijjah

Pembimbing manasik haji Ahmad

12 Rabi`ul Awwal tahun gajah

Peristiwa lahir Nabi Muhammad

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline