Lihat ke Halaman Asli

Spiritual Program (SP) SMPN 1 Rengasdengklok Tahun 2023

Diperbarui: 25 Agustus 2023   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillaahirrohmaanirrohiim Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan. Solawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, para sahabatnya, para tabiin dan kepada umatnya. Semoga aktifitas kita selalu mendapat petunjuk dan bimbingan Allah aamiin.

Spiritual Program (SP) adalah suatu kegiatan keagamaan yang dilaksanakan disekolah agar siswa cerdas dalam bidang agama yang diyakininya dalam rangka menerapkan nilai-nilai karakter. Istilah Spiritual Program (SP)  dipakai karena siswa yang masuk sekolah  SMP  tidak hanya siswa yang beragama Islam  akan tetapi berbagai agama ada, seperti Agama Kristen Protestan, Agama Kristen Katolik, Agama Hindu, Agama Budha. Jadi istilah Spiritual Program (SP) bisa mewakili semua agama,  Spiritual Program  (SP) diadakan agar Siswa benar-benar menguasai kecerdasan secara lengkap yakni cerdas dalam Intelligence Quotient (IQ). Cerdas Emotional Quotient (EQ) dan cerdas Spiritual Quotient (SQ).

Dilingkungan Sekolah berbasis agama / pesantren dalam rangka menerapkan nilai-nilai karakter / keimanan, dilaksanakan waktunya dimalam hari bisa setelah solat magrib atau setelah solat isya, jenis kegiatannya bisa berupa Yasinan, Ratiban, Tahlilan, Muhadorohan, atau menghapal ayat suci al-quran atau menghapal kitab jurumiyah, alfiyah, tasripan atau bagi kelas yang sudah tinggi membahas bahstul kutub. Ini dilakukan biasanya pada  malam jumat diruangan khusus /aula dihadiri oleh santriwan / santriwati, ada ustad /ustadzah berkumpul bareng.

Kegiatan Spiritual Program (SP) dilaksanakan setiap  hari Jumat pagi sebelum Proses Belajar Mengajar  (PBM) dimula. Pukul 07.00 WIB sampai pukul 07.40 WIB.  Diikuti oleh seluruh siswa-siswi. Tepat pukul 07.00 WIB siswa sudah ada dilapangan dalam posisi duduk rapi sesuai dengan kelas masing-masing mulai dari kelas VII, VIII dan IX. Kegiatan ini dilaksanakan  di SMPN 1 Rengasdengklok Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Jawa Barat. 

Spiritual Program (SP) diikuti oleh seluruh siswa-siswi sesuai agamanya masing-masing. Siswa yang beragama Islam bertempat dilapangan upacara, siswa yang beragama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Agama Hindu dan Agama Budha menempati ruang kelas. Jumlah total siswa beragama Islam ada 1353 orang, siswa yang non muslim 70 orang, ditambah  Bapak / Ibu guru yang mangajar pagi jam pertama.

Bagi siswa SMP yang sifatnya masih labil dalam berbagai hal, nilai-nilai karakter keagamaan / keimanan harus benar-benar diterapkan  mumpung masih awal dalam pertumbuhan. Supaya dalam kehidupan sehari-hari diisi dengan nilai yang positif baik dalam perkataan, perbuatan, sikap dan yang lainnya. Sehingga bisa mengurangi prilaku yang tidak diharapkan. 

Dengan diadakan kegiatan Spiritual Program (SP) diharapkan berprilaku sopan dan santun terhadap guru / orang tua, berkata tidak kasar baik ke orang tua maupun kepada guru atau teman sebaya, mau membaca al-qur`an, mau melaksanakan solat dzuhur disekolah, mau bersalaman dengan Bapak / Ibu guru, mau berinfak dan sodakoh semampunya dan lain-lain.

Agenda kegiatan Spiritual Program (SP) yaitu: a. Pembukaan  b. Pembacaan ayat suci al-Qur`an zuz ke-30 / Zuz `Amma seluruh siswa wajib membawa Zuz `Amma  Petugas membaca al-Quran dan terjemahan / sari tilawah dari siswa sesuai jadwal yang telah ditentukan. c. Pembacaan  Asmaul Husna dibimbing oleh guru, sewaktu-waktu diiringi oleh grup marawis d.  

ausiah / ceramah agama oleh guru Agama Islam sesuai jadwal yang telah dibuat. d.  pembacaan doa dipimpin oleh Bapak Guru. Menjelang Ujian Sekolah (US) Kegiatan Spiritual Program (SP) diisi dengan kegiatan Istigosah membaca Surat Yaasin dan doa bersama agar pelaksanaan Ujian Sekolah (US) berjalan dengan lancar dan sukses, bagi siswa lulus semua dengan nilai yang baik. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline