Lihat ke Halaman Asli

Saepul Alam

Mahasiswa

Bhutan: Keindahan Tersembunyi di Balik Kabut Himalaya

Diperbarui: 18 Februari 2024   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keindahan Negara Bhutan (sumber gambar: iStock/Khoa Nguyen)

Bhutan, sebuah negeri yang terletak di kawasan Asia Selatan, mungkin jarang mendapat sorotan media dibandingkan dengan tetangganya yang lebih terkenal seperti India dan Tiongkok. Namun, dibalik keheningannya, Bhutan menyimpan sejumlah fakta unik dan menarik yang membuatnya layak untuk diperhatikan. Mari kita eksplorasi lebih jauh ke dalam keindahan tersembunyi di balik kabut Himalaya.

1. Gross National Happiness (GNH): Indeks Kebahagiaan Nasional

Konsep Kebahgiaan Nasional Bhutan. (sumber gambar: Eat My News)

Salah satu ciri khas Bhutan yang paling mencolok adalah konsep mereka tentang kebahagiaan nasional. Bhutan mengukur kemajuan dan kesejahteraan bukan hanya berdasarkan produk domestik bruto (PDB), tetapi juga melibatkan Gross National Happiness (GNH). GNH merupakan indeks yang mencakup elemen-elemen seperti kesehatan, pendidikan, keberlanjutan ekologis, dan kebahagiaan spiritual. Ini membuat Bhutan menjadi satu-satunya negara di dunia yang menggunakan GNH sebagai tolok ukur utama untuk keberlanjutan dan pembangunan.

2. Bhutan: Surga Trekking di Himalaya

Trekking Himalaya (sumber gambar: iStock/Kapulya)

Bagi para pecinta alam dan petualang, Bhutan menawarkan surga trekking di Himalaya. Negara ini memiliki ratusan jalur trekking yang memotong lembah-lembah hijau dan menanjak ke puncak-puncak gunung yang menakjubkan. Trek populer seperti Druk Path Trek dan Snowman Trek menawarkan pengalaman luar biasa melalui pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk hutan lebat, dan monasteri yang terpencil.

3. Tanah Naga Druk: Ikoniknya Lambang Bhutan

Ilustrasi Naga Druk (sumber gambar:iStock/Bortonia)

Lambang Bhutan, yang dikenal sebagai Druk, melambangkan keberanian dan kekuatan. Druk diambil dari kata "Druk Yul," yang berarti "Tanah Naga." Mitos naga sangat kuat dalam budaya Bhutan, dan dipercayai bahwa naga adalah pelindung negara ini. Lukisan naga sering ditemukan di dinding-dinding rumah dan struktur suci, menciptakan atmosfer mistis di sekitar Bhutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline