Media sosial kini memang menjadi platform yang sangat penting untuk sebuah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menjangkau target pasar.
Bahkan, ada sebuah studi dari Sprout Social pada tahun 2020 yang menunjukkan bahwa 83% pelanggan merasa lebih percaya pada merek yang memiliki kehadiran di media sosial.
Tak hanya untuk sekadar memposting foto biasa, dengan jangkauannya yang luas, media sosial mampu membantu sebuah bisnis dalam membangun brand awareness merek, bahkan meningkatkan penjualan hingga 25%.
Adapun salah satu brand yang sangat gencar mengandalkan media sosial untuk meningkatkan penjualannya ialah Skintific, sebuah brand skincare yang viral berkat media sosial TikTok.
Tak hanya itu, brand-brand baru lainnya juga memilih media sosial sebagai platform untuk mengawali pemasaran produk / jasa mereka, karena tak membutuhkan biaya, namun dapat memberikan hasil yang luar biasa.
Kunci Keberhasilan Social Media Management Untuk Sebuah Bisnis
Namun, keberhasilan bisnis dalam mencapai tujuannya tersebut tentu harus diimbangi dengan keahlian dalam social media management yang optimal. Berikut beberapa langkah yang menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis di media sosial:
Identifikasi Target Audience: Sebelum mulai memproduksi konten dan menyiapkan tampilan media sosial, sebuah brand harus terlebih dahulu mengidentifikasi dan menentukan target pasar yang ingin mereka gapai. Dengan memiliki target pasar yang spesifik, tentu akan memudahkan sebuah bisnis dalam menciptakan konten yang efektif dan dapat diterima oleh audiens.
Konten Berkualitas dan Konsisten: Pembuatan konten menjadi aspek kunci yang tak boleh diabaikan. Menciptakan konten yang menarik, relevan, dan konsisten, dapat menarik perhatian banyak orang, serta menciptakan interaksi yang tinggi di media sosial.