Lihat ke Halaman Asli

Saeful Ihsan

Sarjana Pendidikan Islam, Magister Pendidikan

3 Hal yang Mesti Dituntaskan oleh Menpora Ariotedjo

Diperbarui: 8 April 2023   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: kompas.com

Presiden Jokowi akhirnya menunjuk anak muda berusia 32 tahun, Ariotedjo, sebagai Menpora. Setelah Menpora sebelumnya, Zainudin Amali, sebab ingin fokus pada tugas barunya mengurusi sepakbola, dari kursi Wakil Ketua I PSSI.

Penunjukan mentri muda ini menimbulkan sejumlah tanya, apa iya mentri semuda itu akan siap mengurusi olahraga di tanah air? Apalagi untuk melanjutkan program-program yang ada untuk waktu yang tersisa, 1,5 tahun ke depan. Jelas bukan perkara mudah.

Tetapi, tentu saja Presiden Jokowi bukan tanpa alasan mengapa harus menunjuk yang muda menjadi menteri? Di balik itu pasti ada ekspektasi.

Kita tahu, bahwa bukan kali ini saja Presiden Jokowi memasukkan mentri muda ke dalam jajaran kabinetnya. Dulu, Mentri Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan juga dalam usia yang cukup muda, 35 tahun.

Bisa ditebak dari kepribadian Presiden Jokowi yang enerjik, aktif, serta menyukai inovasi, bukan tidak mungkin menunjuk mentri muda tanpa ekpektasi yang seirama dengan tiga hal tadi (enerjik, aktif, dan inovatif).

Mengingat olahraga merupakan bidang yang cukup populer, utamanya sepakbola, mentri muda yang baru ini diharapkan lebih punya ide-ide segar dalam mengembangkan olahraga, serta memberi solusi-solusi yang lebih realistis atas problem yang kerap menimpa dunia olahraga tanah air.

Dulu, banyak yang kaget mengapa CEO Gojek bisa menjadi mentri pendidikan? Usut punya usut, sang CEO dipandang akan mampu memajukan dunia pendidikan lewat inovasi teknologi. Presiden Jokowi punya ekspektasi itu.

Setelah bidang pendidikan, kini bidang olahraga. Sepertinya punya motif yang sama, olahraga juga perlu lebih inovatif, cara-cara jadul dalam mengurusi sepakbola sudah harus ditinggalkan.

Apalagi, mentri baru Dito Ariotedjo ini punya segudang pengalaman mengenai sport. Baik dari segi bisnis maupun partisipasinya mendampingi kontingen olahraga Indonesia untuk bertanding ke luar negeri. Tentu ia dianggap mumpuni untuk memajukan olahraga tanah air.

Maka kedepannya, Menpora yang baru, muda, dan enerjik ini, perlu menuntaskan setidaknya 3 hal ini:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline