Lihat ke Halaman Asli

Saeful Hasim

Mahasiswa

Pengertian, Komponen, Dan Faktor Penentu Keberhasilan Sistem Informasi Eksekutif

Diperbarui: 15 Maret 2023   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif

Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang memberikan informasi kepada manajer atau anggota organisasi yang diberi wewenang untuk membuat keputusan tentang keseluruhan kinerja perusahaan dan dari mana informasi tersebut dapat diakses dengan mudah di berbagai tingkatan.

Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang menyediakan manajer dengan cara yang fleksibel untuk mendapatkan informasi eksternal dan internal yang berguna untuk mengidentifikasi masalah. Menggunakannya pun tidak sulit bagi pengguna yang belum mengenal komputer, karena sistem sudah dilengkapi dengan interface yang memudahkan.

Sistem informasi manajemen dirancang untuk membantu manajer menemukan informasi yang mereka butuhkan, kapan mereka membutuhkannya, dan dalam bentuk apa yang paling berguna. Lebih lanjut Mcleod menjelaskan bahwa penerapan dan penggunaan sistem informasi manajemen ini meliputi:

menyediakan akses ke semua informasi, Memberikan fleksibilitas pelaporan dan alat untuk analisis data dan membantu manajer mengidentifikasi masalah.

Executive Information System (SIE) atau sering disebut dengan Executive Support System atau Executive Information System (EIS) adalah sistem informasi terkomputerisasi yang menyediakan informasi yang dibutuhkan . oleh manajer dimana sistem ini menyediakan akses cepat ke informasi terkini dan akses langsung ke laporan manajemen.

Istilah implementasi memiliki arti yang agak luas dan kabur. Namun, sistem informasi manajemen mengacu pada berbagai hal yang mendukung perencanaan jangka panjang yang ditujukan untuk kebaikan perusahaan oleh manajemen atau pengambil keputusan.

Jika tidak ada sistem informasi manajemen dan hanya sistem informasi operasional, manajer puncak hanya dapat mengandalkan semua subsistem atau subsistem dan sulit bagi mereka untuk mengambil alihnya pada saat yang bersamaan. Manajer harus menemukan dan menggabungkan data dalam bentuk yang dapat diamati, dan merengek sering menyebabkan kebingungan dan salah tafsir dari situasi nyata, dan sistem informasi manajemen membebaskan manajer dari tugas ini.

Komponen Sistem Informasi Eskekutif

1. Perangkat keras (perangkat keras)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline