Lihat ke Halaman Asli

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah di Musim Hujan

Diperbarui: 12 Desember 2017   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahukah anda saat musim hujan seperti saat ini banyak sekali penyakit yang bisa mengancam kesehatan tubuh kita, oleh karena itu yuk kita bersama - sama untuk bisa mencegah hal yang tidak inginkan. Salah satu penyakit yang sering mewabah saat musim hujan tiba seperti bulan desember saat ini adalah penyakit demam berdarah diare, gatal - gatal dan masih banyak lagi. 

Namun dari sekian banyaknya penyakit yang terjadi di lapangan adalah penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang di akibatkan oleh sengatan nyamuk Aidsegipty, yang mana warna nyamuk tersebut bercorak belang hitam dan putih. Jika anda melihat nyamuk seperti jenis tersebut, maka pastikan anda membersihkan rumah anda dan mengusir nyamuk tersebut.

Tahukah anda, biasanya nyamuk di musim hujan seperti saat ini akan sangat suka bersarang di tempat yang lembab, misalnya saja di kamar mandi, di tempat penyimpanan baju kotor, di tempat - tempat yang berisi air seperti kaleng, ember yang sudah tidak di pakai serta masih banyak lagi. 

Nah, cara mencegah keluarga kita agar tidak terserang penyakit demam berdarah, maka yuk kita bersihkan semua bagian rumah kita serta taman rumah kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Yah, ini tentu saja benar kita lebih baik mencegah dengan cara membersihkan rumah kita supaya tidak menjadi sarang nyamuk, dengan begitu kemungkinan kita akan terserang penyakit demam berdarah akan sangat kecil. 

Cara mencegah demam berdarah ini memang sangat sederhana, namun kebanyakan dari masyarakat saat ini sangat malas sekali, sehingga ada saja setiap tahunnya yang terserang penyakit demam berdarah, padahal tokoh masyarakat dan pemerintah telah mengingatkan hampir setiap musim hujan tiba. 

Mungkin saja gaya hidup kita kurang baik, sehingga kita harus memperbaiki memulai dari hal - hal yang sepele seperti membersihkan bak kamar mandi serta halaman rumah dari sampah yang kotor agar tidak di jadikan tempat bersarang para nyamuk.

Cara Mencegah Nyamuk Demam Berdarah Bersarang di Rumah Kita

1. Pastikan anda membersihkan kamar mandi setiap 7 hari sekali, jangan sampai lewat 10 hari, karena masa berkembang biak nyamuk hanya 10 hari.

2. Bersihkan halaman rumah dari sampah yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas, bak bekas, ember bekas, ban bekas serta yang lainnya.

3. Biasakan menyimpan pakaian kotor di tempat khusus, jangan berserakan.

4. Gunakan penyemprot nyamuk, seperti Hit, Baygon atau bisa juga dengan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline