Pembelajaran kognitif melibatkan sisi berfikir, perhatiandan memori ingantan. agar anak tersebut belajar tentang sebuah keterampilan mengolah informasi, belajar mengevaluasi diri, belajar sebab akibat dan lain sebagainya. banyak orang yang mengaitkan perkembangan kognitif dengan perkembangan genetik padahal semuanya bisa dipelajari. meningkatkan kemampuan belajar dan tingkat berfikir mampu meningkatkan kemampuan kognitif. perkembangan kognitif akan terlihat kemajuannya yang sangat besar saaat anak mau menuju usia 6 tahun.
Si kecil akan emmahami objek disekitarnya dankemampuan mental, berfikirnya akan meningkat pada usia tersebut. keterlibatan orang tua dalam masa perkembangan kognitif akan sangat berpengaruh dalam perkembangan anak tersebut karena berdampak pada kemajuananak tersebut.berikut ini beberapa tahapan terhadap anak:
1. Perkembangan kognitif pada anak usia 1 tahun
Perkembangan pada anak usia ini yaitu anak tersebut akan berkonsentrasi terhadap benda-benda yang ada disekitarnya. setiap permainan dan aktivitas merupakan pengalam baginya.
Pada usia ini, anak tersebut akan terus mencari solusi terhadap masalah yang di hadapinya dengan cara meniru sebagian besar aktivitas sekitarnya. pada usia ini anak tersebut tidak akan memegang benda secara acak, akan tetapi anak tersebut memegang benda dengan tepat, misalnya memegang sisir yang akan digunakan dengan rambutnya, mengoceh lewat telfon, memutar mainan mobilnya.
2. Perkembangan kognitif pada anak usia 2 tahun
Perkembangan kognitif pada anak usia ini yaitu anak tersebut dapat mengenali dirinya lewat cermin, mengatakan namanya sendiri atau nama yang sering ia sebut. anaktersebut akan membedakan atau menyortit suatu objek dengan contoh akan membedakan antara hewan dan mobil. anak tersebut akan banyak meniru perkataan orang dewasa denga kata-kata dasar dan suka meniru perlakuan orang dewasa. anak tersebut akan memahami perbuatan sebab dan akibat.
3. Perkembangan kognitif pada anak usia 3 tahun
Pada perkembangan anak usia ini anak tersebut akan banyak bisa membedakan tentang konsep waktu dan mampu membedakan antara sekarang nanti, g, dan dia akan mulai mengurutkan sebuah objek berdasarkan bentuk, warna dan ukuran. perlahan anak tersebut akan mulai lebih memahami konsep ukuran yaitu objek mana yang lebih besar dari pada yang lainnya. anak tersebut akan mengangkat tangannya saat namanya dipanggil.
Kini anak tersebut akan lebih berkonsentrasi lebih baik meski mengalami banyak gannguan, dan anak tersebut akan lebih sering menanyakan mengapa dan bagaimana karena anak tersebut penasaran terhadap lingkungan sekitarnya.
4. Perkembangan kognitif pada anak usia 4 tahun.