belajar merupakan sesuatu kegiatan atau proses dimana orang yang sebelumnya belum tau menjadi tau, dari belum terampil menjadi terampil. belajar tidak hanya memetakan dari segi ilmu pengetahuan saja, akan tetapi pengimplementasian ilmu setelah belajar atau hasil belajar itu juga termasuk belajar itu sendiri.
pembelajaran merupakan suatu kegiatan atau system yang membantu individu dalam berinteraksi untuk belajar terhadap lingkungan belajarnya. teori merupakan suatu asas yang tersusun dalam kejadian-kejadian tertentu dalam dunia nyata.
sedangkan hamzah (2003:26) memberikan gagasan tentang teori yaitu teori merupakan seperangkat prepesi yang terdiri dari ide, gagasan, konsep, prosedur yang terdiri dari satu atau lebih varieabel yang saling berhubungan satu sama lain dan dapat dipelajari.
Baca juga : Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memanajemen Belajar Anak pada Masa Pandemi
dari dua kesimpulan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa teori merupakan seperangkat asas yang didalamnya memuat konsep, ide, prosedur dan ide yang dapat dipelajari, dianalisis, dan diuji kebenarannya. teori belajar merupakan suatu teori yang didalamnya terdapat tata cara pengaplikasian cara belajar mengajar antara guru dan murid, perancangan metode belajar yang dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas.
pendapat lain tentang teori belajar adalah suatu metode yang digunakan dalam memahami perilaku individu yang umumnya pada seseorang tersebut menetap sebagai dari hasil gambaran dari hasil pengalaman dengan lingkungan. berikut ini macam-macam teori belajar :
1. teori behavor adalah teori yang mempelajari sifat dan kepribadian seseorang. dimana perilaku individu tersebut dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dimana dia merasa tumbuh dan berkembang.
jadi efektifatas belajarnya dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya. teori ini memaparkan bahwa belajar merupakan hasil dari interaksi antara stimulus dan respon.
2. teori belajar kognivistik. teori ini lebih menekankan kepada proses belajar seorang individu dari pada hasil dari belajar itu sendiri. materi teori ini tidak terputus-putus , melainkan terus berkelanjutan.
karena belajar adalah usaha dalam memahami dan memaknai sesuatu. usaha itu dilakukan aktif dengan menggali informasi ilmu pengetahuan dengan sebanyak-banyaknya, memelihara lingkungan, dan alam sekitar dan pengaplikasiannya dalam kehidupannya.
3. teori diskriptif. teori ini bias juga disebut teori belajar, karena tujuan dari teori ini adalah menjelaskan maksud dari teori tersebut, yaitu meliputi filsafat Pendidikan itu sendiri.