Lihat ke Halaman Asli

Destinasi Wisata Religi Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari

Diperbarui: 19 Juli 2024   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://m.beritajakarta.id/

Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari merupakan sebuah masjid megah yang terletak di Daan Mogot, Jakarta Barat yang diresmikan pada 15 april 2017 oleh Presiden Joko Widodo serta dinamai sebagai bentuk penghormatan salah satu tokoh muslim yang sangat berjasa yaitu KH. Hasyim Asy'ari, tokoh pendiri Nahdatul Ulama salah satu organisasi Islam tebesar di Indonesia.

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai sarana dan prasarana jamaah yang ingin belajar dan beribadah di Masjid ini, dengan adanya ruang pertemuan, area pendididak mulai dari anak-anak (TPA, Madrasah), hingga dewasa yang sering mengadakan kajian agama, serta dilengkapi dengan ruangan utama yang digunakan untuk ibadah sholat yang luas dan nyaman bahkan dapat menampung ribuan jamaah, tidak hanya itu masjid ini juga terdapat perpustakaan bagi para jamaah yang ingin menambah wawasan keilmuan mereka mengenai Islam.

Masjid ini memiliki design penggabungan antara modern dan tradisonal Nusantara dan dapat menampung hingga 12.500 jamaah, menjadikan salah satu masjid terbesar di Indoneisa. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari tidak hanya untuk dipergunakan sebagai tempat ibadah saja, akan tetapi terdapat juga ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat pernikahan, bazar, kajian agama, pelatihan atau seminar. Dengan peran ganda sebagai tempat ibadah dan pusat komunitas, masjid ini berkontribusi besar dalam mempererat silaturahmi dan memperkuat kehidupan sosial serta spiritual masyarakat lokal maupun luar daerah sebagai muslim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline