Lihat ke Halaman Asli

M.Syihan.Adam

mahasiswa yang keren

Pembangunan yang Tidak Merata di Daerah Terpencil Nusantara

Diperbarui: 26 November 2019   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hakikat pembangunan di Indonesia sebagai pengalaman Pancasila adalah meratanya pembangunan di Indonesia, pembangunan rakyat seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya, dengan Pancasila sebagai pedoman dan dasar utamanya.

Pembangunan merupakan upaya yang di lakukan dan di usahakan untuk membangun perubahan, atau sesuatu yang di kerjakan untuk mewujudkan perubahan yang memiliki tujuan utama, yaitu untuk menaiki dan menaikkan taraf hidup manusia, kesejahteraan dan kualitas manusia.

Pembangunan di Indonesia merupakan hal yang perlu di perhatikan, memang banyak hal yang sudah cukup baik, tetapi dengan upaya yang lebih dan kerja yang lebih berkualitas, Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik, dengan masyarakat yang lebih makmur dan rakyat yang lebih sejahtera.

Banyak hal yang masih perlu di perhatikan dari pembangunan di Indonesia, bukan hanya di kota besar, tetapi justru di wilayah terpencil yang perlu perhatian lebih.

Dengan menulis essay ini, saya berharap perubahan pembangunan di Indonesia dapat lebih di perhatikan, dan rakyat Indonesia di kota kota kecil dan wilayah terpencil dapat menikmati fasilitas layaknya rakyat di kota kota besar.

Kita tahu selama ini banyak pembangunan yang cukup massif di kepemimpinan Jokowi -JK banyaknya wilayah terpencil yang sudah mendapan fasilitas dan kemajuan yang cukup signifikan, tapi sejatinya, belum banyak orang tahu apa itu arti dari pembangunan sebenarnya.

Pembangunan bukanlah hanya dibangunya jalan tol,bandara, pelabuhan dan lain lain. Karna pembangunan tersebut adalah hasil kerjasama pemerintah dengan BUMN atau swasta. Lalu, apa pembangunan yang di maksud? Yang di maksud adalah pembangunan fasilitas seperti listrik, air, dan fasilitas lainnya yang sudah dapat di nikmati oleh masyarakat di kota kota besar, kepada wilayah wilayah terpencil.

Lalu jika bicara fakta, infrastuktur apa atau pembangunan apa yang sudah di lakukan oleh pemerintah sampai harus berhutang? Seperti dikatakan oleh Bambang Bordjonegoro di acara "OPSI Membangun Demi Keadilan" di studio metro TV pada hari senin 17 Desember 2018 kemarin bahwa infrastruktur yang di bangun oleh BUMN atau swasta sama sekali tidak menggunakan APBN.

Swasta hanya mau membangun infrastuktur semata mata hanya untuk bisnis, karna itu desa desa kecil dibangun infrastruktur yang cukup hanya untuk menggerakan roda perekonomian di daerah tersebut.

Karena itu terdapat harapan besar dari rakyat Indonesia terutama rakyat rakyat kecil akan kesadaran dan ketulusan para penguasa dan para orang berada tentang pemerataan keadilan pembangunan dan fasilitas yang lebih layak.

Hal ini demi kebaikan Bersama dan kemajuan serta kesejahteraan Bersama. Seperti yang telah di cantumkan di Pancasila dan uud 1945, bahwa negara ini adalah negara demokratis yang memiliki kekayaan yang melimpah, namun sayang belum bisa di manfaatkan secara maksimal dan merata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline