Lihat ke Halaman Asli

Sadam Husen

Bersabar & beristiqomah

Hiburan Bagi Orang Sakit dan Tertimpa Musibah

Diperbarui: 8 September 2022   05:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hidup ini tidak terlepas dari cobaan dan ujian yang diberikan dari Allah SWT., bahkan cobaan dan ujian merupakan sunnahtullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dengan segala sesuatu, yakni hal-hal yang disenangi atau disukainya maupun hal-hal yang dibenci atau tidak disukainya. Sebagaimana Allah SWT., berfirman didalam (QS. Al-Anbiya' [21] : 35)

Mengenai ayat tersebut, Ibnu Abbas menerangkan: "Kami menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, serta kesehatan dan penyakit, juga kekayaan dan kefakiran, yang halal dan yang haram, ketaatan dan maksiat, petunjuk dan kesesatan".

Dalam riwayat lain darinya diungkapkan: "Maksudnya dengan kesenangan dan dengan kesulitan. Keduanya merupakan cobaan". Sebagaimana Allah SWT., berfirman didalam (QS. Al-A'raf [7] :168)

Ibnu Jarir ath-Thabari berkata: "Kami menguji mereka dengan kemudahaan dalam kehidupan, kesenangan dunia dan kelapangan rezeki. Inilah yang dimaksud dengan kebaikan-kebaikan yang Allah SWT., sebutkan.

Hikmah dan Faedah Penyakit

Ketahuilah, wahai saudaraku yang sedang menderita sakit atau tertimpa musibah, sesungguhnya Allah tidak menetapkan sesuatu, baik itu takdir kauni atau syar'i, kecuali di dalamnya terkandung kebaikan dan rahmat bagi para hamba-Nya. Pasti terkandung hikmah yang amat besar yang tidak mungkin bisa dinalar oleh akal manusia yang terbatas. Berikut hikmah dan faedah kenapa Allah SWT., memberikan penyakit kepada hamba-Nya:

1). Sabar Sebagai Konsekuensi Menghadapi Kesusahan dan Kesulitan

2). Menghapus Dosa dan Kesalahan

3). Ditulis atau Dicatat Berbagai Kebaikan dan Derajat Ditinggikan

4). Jalan Menuju Surga

5). Membawa Keselamatan dari Api Neraka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline