Lihat ke Halaman Asli

Sabrina

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Tahapan Audit dalam Menyusun Laporan Keuangan Klien

Diperbarui: 3 Januari 2023   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sabrina Belqis Salsabila

Sri Dewi Wahyundaru

(Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula)

Setiap perusahaan seharusnya perlu memeriksa laporan keuangannya secara rutin dan berkala, maka dari itu perlu dilakukannya auditing pada laporan keuangan.

Tujuan Melakukan Audit

Tujuan dari dilakukannya audit atas laporan keuangan adalah untuk mengevaluasi keakuratan atau validitas laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan, juga untuk mengetahui kondisi bisnis selama melakukan masa audit.

Siklus auditing ini dilakukan bertujuan memberikan informasi tentang kecukupan dalam menyajikan laporan keuangan yang sesuai atau tidaknya dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia sesuai dengan PSAK.

Sebelum kita masuk ke detail menegnai apasaja langkah-langkah pada proses auditing, mari kita bahas secara singkat apa itu auditing.

Pengertian Audit Laporan Keuangan Menurut Ahli

laporan keuangan.Menurut Mulyadi (2014:9) Audit adalah suatu proses sistematis untuk mengumpulkan dan menilai secara objektif bukti-bukti pendukung pernyataan tentang kegiatan dan peristiwa keuangan dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesesuaian pernyataan tersebut dengan kriteria yang ditentukan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengguna yang berkepentingan.

Menurut Komite Asosiasi Akuntansi Amerika tentang Konsep Dasar Audit (Akuntansi:Teori dan Praktek, Edisi 9, 2001:1-2), yang dimaksud dengan siklus auditing yaitu sebuah proses sistematis yang secara objektif mengumpulkan dan mengevaluasi kebenaran dari bukti-bukti untuk menghasilkan pernyataan mengenai aktivitas dan peristiwa keuangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline