Bisnis dan marketing merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Karena tanpa marketing sebuah bisnis tidak akan berjalan bahkan untuk berkembang pun susah.
Di era digital seperti ini, kita tidak bisa jika hanya menghandalkan penjualan offline. Karena banyak faktor yang mempengaruhi penjualan atau bisnis sepi, contohnya jika musim hujan konsumen akan cenderung malas berpergian. Berbeda jika kita juga menambah marketing secara digital. Maka dari itu sangat penting mengetahui tips dan trik berbisnis secara digital / Digital Marketing.
Seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahwa digital marketing ini merupakan salah satu faktor pendorong bisnis kita jalan dan berkembang. Digital marketing tidak boleh sembarangan, dalam artian kita juga harus memikirkan strategi apa yang harus kita buat agar bisnis dapat maju pesat.
Berikut tips dan trik strategi digital marketing yang baik.
1. Tentukan goals atau tujuan dari bisnis kamu.
Tips yang pertama, terdengar sepele namun sangat riskan, mengapa? Karena menentukan tujuan bisnis dapat membuat kamu lebih fokus terhadap itu dan tidak melenceng dari apa tujuan kamu di awal. Dengan begitu kita tahu akan dibawa kemana bisnis ini dimasa depan. Tak jarang juga para pebisnis muda yang tidak menentukan goals atau tujuan mereka mendirikian bisnis atau start-up. Alhasil feedback yang diharapkan tidak seasuai dengan kenyataan, berakibat sebuah bisnis akan gulung tikar.
2. Identifikasi target konsumen kamu.
Yang kedua ada identifikasi target konsumen kamu, atau biasa disebut riset target pasar. Hal ini sangatlah penting dalam dunia bisnis. Jika kita dapat menentukan target konsumen kita, kita akan lebih mudah dalam mencapai ke konsumen. Bayangkan jika kamu menjual produk bayi untuk mahasiswa atau kisaran umur 17-20. apakah produk kamu akan dibeli oleh mereka? Saya jamin tidak, dan berakhir dengan "boncos". kamu sudah mengeluarkan budget yang banyak namun tidak mendapat kan hasil atau feedback yang kamu harapkan.
3. Pelajari kompetitor kamu.
Demi memperkuat strategi marketing, kamu juga perlu menganalisa dan mempelajari bagaimana kompetitor tersebut berjalan. Dengan begitu juga kamu akan lebih mengetahui target pasar seperti apa yang cocok dengan produk atau bisnis kamu. Dengan penambahan SEO (Search Engine Optimize) kamu akan lebih mudah mengetahui kata kunci apa yang memiliki traffic yang tinggi. Karena tidak semua kata kunci yang relevan memiliki traffic yang tinggi. Maka dari itu juga harus selalu jeli terhadap kata kunci.
4. Search Engine Marketing.