Lihat ke Halaman Asli

Atina Sabila

Mahasiswa

Resolusi Sukses Kuliah di FEB

Diperbarui: 6 Oktober 2020   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa yang kamu pikirkan tentang sukses ? Sebagian besar bahkan hampir semua orang menggantungkan tujuan hidupnya pada kata tersebut. Untuk menjadi seorang yang sukses kita dapat melakukannya dengan resolusi yang dapat mengubah hidup kita. Apasih yang dimaksud dengan kata resolusi ? resolusi merupakan suatu putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat. Sebagai contoh, Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah salah satu fakultas yang diminati dikalangan calon mahasiswa baru saat ini. Salah satunya jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Ekonomi Islam. Ekonomi Islam merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan sistem ekonomi yang berbasis pada Al Quran dan Hadis. Nama lain dari ekonomi Islam adalah ekonomi syariah. Sebutan ekonomi syariah juga tak lepas dari sumber sistem ekonomi yang berbasis syariah, yaitu Al Quran dan As Sunnah.

Dijurusan Ekonomi ini, kita juga akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, cara mengelola sumber daya (alam, manusia, modal, dan waktu) yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dan mencapai kesejahteraan. Namun, di prodi ini, kamu akan mempelajarinya dari perspektif Islam/Syariah. Dalam hal ini, segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil, telah diatur dalam ajaran Islam. Kita akan mempelajari kebijakan ekonomi, keuangan, dan bisnis dalam Islam, serta bagaimana pengelolaan lembaga keuangan syariah. Mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Karena itu pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

Lulusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah dapat berkarir di berbagai lembaga keuangan, baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuangan bukan bank, baik berbasis syariah maupun non-syariah. Lulusan prodi ini juga dipersiapkan untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang memiliki ilmu ekonomi syariah. Saya sendiri sebagai mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis uhamka mempunyai resolusi yang ingin saya capai saat kuliah nanti. Berikut adalah resolusi saya sebagai mahasiswa fakultas ekonomi bisnis.

  • Lulus tepat waktu
  • Ikut organisasi lebih banyak
  • Fakos belajar
  • Membuat jadwal kegiatan agar lebih efisien

Orang yang bersungguh-sungguh adalah orang yang dapat kemenangan dan kesuksesan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline