Lihat ke Halaman Asli

Studi Ekskursi 2018 UNTAG Surabaya

Diperbarui: 13 Januari 2019   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Dengan tema '' Implementasi komunikasi sebagai edukasi dalam dunia kerja'', mahasiswa ilmu komunikasi, UNTAG Surabaya pada tanggal 13 -- 14 desember 2018, Mengikuti kegiatan Studi Ekskursi, ini merupakan acara tahunan, saat ini diadakan di Surabaya dan Batu Malang. Kegiatan ini di ikuti 150 orang mahasiswa.

Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan mengetahui apa saja yang terjadi dalam dunia kerja. Selain itu menambah pengalaman dan wawasan dengan mengikuti Studi Ekskursi ini. Banyak hal yang bisa didapatkan. Berkunjung ke instansi terkait hal ini dapat membuat mahasiswa bisa merasakan langsung bagaimana lingkungan kerja yang sebenarnya.

Ilmu komunikasi UNTAG Surabaya memiliki empat konsentrasi Public Relation, Broadcasting, Komunikasi politik dan New Media. Untuk itu kegiatan ini diadakan di berbagai tempat yang berbeda. 

Hari pertama tanggal 13 desember 2018, di student center UNTAG Surabaya,  diawali oleh sambutan Kepala Prodi Ilmu Komunikasi A.A.I Prihandari Satvikadewi, S.Sos, Med.Kom, kemudian dilanjut dosen ilmu komunikasi serta ketua pelaksana Dimas Ardianto. Dan di hadiri beberapa narasumber yaitu.

Hendro Dwijo Laksono CEO Indonesiaimage.net, yang membahas seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat terjadi pergeseran dari media cetak ke media online. Lalu dari Iptu Fajar Dwi Kabsubid Criber Crime kepolisian daerah Jawa Timur, yang membahas Hoax dan penanganan serta pencegahannya.

Selanjutnya mengunjungi DPRD Provinsi Jatim. Dengan pemateri Drs. Anug Widjaja. M.Si menjelaskan struktur di dalam DPRD Provinsi Jatim dan bagaimana berlangsung komunikasi organisasi di DPRD.  Setelah itu mengunjungi Radio EBS 105. 9 FM. disini dijelaskan bagaimana mengemas suatu acara radio salah satunya yaitu harus mengetahui segmentasinya, demografi apa saja yang disukai khayalak. Agar banyak yang mendengar radio tersebut.

Setelah dari Radio EBS 105. 9 FM, peserta Studi Ekskursi langsung ke batu malang sesampainya disana langsung menuju Hotel Surya indah Batu Malang beristirahat. Pada pagiharinya Hari kedua tanggal 14 desember 2018 acara dimulai. Di Hall Hotel Surya indah Batu. Ada beberapa pemateri yang mengisi. 

Dari dinas pariwisata Batu, M. Agus menjelaskan adanya berbagai macam wisata di Batu, perkembangan pariwisata di Batu dari tahun ke tahun mengakibatkan semakin pesat pertumbuhan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. 

Dan pemerintah kota yang sangat mendukung pariwisata Batu. Lalu dari Nurbani Yusuf  Direktur Argopolitan Tv. Menjelaskan tentang proses penyiaran dan bagaimana perizinan membuat lembaga penyiaran. Dan Titik S Ariyanto sebagai Marketing dan Public Relation Manager Jawa Timur Park Grup. Membahahas mengenai pentingnya cita baik  dan bagaimana cara membranding sebuah perusahaan.

Adanya tempat kunjungan yang beragam, mulai dari instansi pemerintah, radio, hingga berbagai pembicara dengan latar belakan yang berbeda ini diharapkan agar ilmu yang didapat setelah Studi Ekskursi bisa berguna dan bermanfaat. Hari ke dua sekaligus terakhir semua mahasiswa ilmu komunikasi dari mengikuti serangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Acara berjalann sukses.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline