Lihat ke Halaman Asli

Literasi Dasar T3.7 Aksi Nyata

Diperbarui: 19 Januari 2025   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RANCANGAN ATAU RENCANA AKSI NYATA TERKAIT ASESMEN MEMBACA DAN MENULIS (AKM) DI SEKOLAH DASAR

Kegiatan yang dipilih:

  • Membaca teks fiksi
  • Menjawab soal benar/salah, pilihan ganda kompleks, dan menjodohkan.

Strategi yang dipilih:

  • Membaca mandiri
  • Membaca Pemahaman (Menghubungkan dan Menyimpulkan)

Alokasi waktu: 45 menit

Langkah-langkah kegiatan:

Kegiatan 

Langkah-langkah Kegiatan

Alokasi Waktu

Pra Membaca

  • Guru memberikan instruksi asesmen kepada peserta didik.
  • Guru menjelaskan jenis soal yang akan dihadapi, yaitu meliputi benar/salah, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat.
  • Guru mengingatkan kepada peserta didik untuk membaca teks cerita dengan cermat dan fokus untuk memahami isinya.

5 menit

Membaca Intensif

  • Peserta didik membaca teks cerita berjudul “Badak Kecil dan Sepeda Yang Terlalu Tinggi” secara mandiri dan tenang.
  • Peserta didik dapat membaca berulang kali jika diperlukan untuk memahami isi cerita.
  • Guru mengamati peserta didik selama proses membaca untuk memastikan peserta didik fokus dan memahami bacaan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline