Lihat ke Halaman Asli

Literasi Dasar T2.7 Aksi Nyata

Diperbarui: 18 Januari 2025   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Apakah strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin Anda terapkan di ruang kelas Anda kelak? Mengapa?

Strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin saya terapkan di ruang kelas saya kelak yaitu strategi memprediksi. Stretegi memprediksi merupakan strategi membaca pemahaman yang mendorong peserta didik untuk membuat prediksi atau dugaan tentang apa yang akan terjadi dengan memperlihatkan gambar pada buku bacaan yang sedang dibaca bersama. Penerapan strategi memprediksi ini tidak hanya melibatkan kemampuan membaca, namun juga merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis, karena peserta didik perlu memprediksi informasi pada gambar sebelum lebih jauh memahami dengan cara membaca.

Dengan menerapkan strategi memprediksi, diharapkan peserta didik dapat lebih fokus dan aktif dalam pembelajaran, serta merasa lebih antusias terhadap materi yang dibaca. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Lestari (2018), yang menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang dimulai dengan meminta peserta didik menyusun prediksi tentang isi teks, terjadi peningkatan yang signifikan dalam keterampilan pemahaman peserta didik. Penelitian tersebut mencatat bahwa peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran serta menunjukkan sikap yang lebih fokus dan sungguh-sungguh saat membaca teks.

Lebih lanjut, temuan Rofikasari (2016) juga mendukung hal ini, dengan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca peserta didik setelah penerapan strategi tersebut. Penelitian terkini oleh Juliana (2023) menegaskan kembali efektivitas strategi DRTA, di mana hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan signifikan setelah strategi ini diterapkan. Dengan demikian, penerapan strategi memprediksi tidak hanya meningkatkan keterampilan literasi, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan minat baca peserta didik.

2. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan dalam penerapan strategi keterampilan literasi sesuai profil peserta didik dan konteks sosial budaya siswa Anda?

Cara saya mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan dalam penerapan strategi keterampilan literasi sesuai profil peserta didik dan konteks sosial budaya peserta didik yaitu memperkaya referensi buku bacaan yang lebih relevan dengan memperhatikan budaya peserta didik. Untuk mencapai hal ini, langkah pertama yang saya lakukan adalah menganalisis karakteristik, minat, dan kebutuhan belajar peserta didik secara mendalam. Hal ini dapat dilakukan dengan menggali informasi tentang latar belakang peserta didik, seperti kebiasaan membaca, tingkat pemahaman, serta kesulitan yang mereka hadapi dalam proses belajar.

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih jelas, saya akan memilih materi bacaan yang tidak hanya menarik, tetapi juga relevan bagi peserta didik. Buku yang dipilih akan mencerminkan pengalaman hidup dan budaya peserta didik, sehingga mereka dapat lebih mudah terhubung dengan isi bacaan dan merasa lebih terlibat dalam proses belajar. Dengan cara ini, diharapkan mereka dapat merasakan makna yang lebih dalam dari apa yang mereka baca.

Selain itu, menciptakan suasana kelas yang positif dan inklusif sangat penting untuk memastikan bahwa setiap peserta didik merasa dihargai dan termotivasi untuk berpartisipasi aktif. Suasana yang mendukung ini akan memudahkan penerapan strategi literasi, karena siswa akan lebih terbuka untuk berbagi pendapat dan ide mereka tanpa rasa takut akan penilaian.

Setelah menerapkan strategi, saya juga melakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh dan mendengarkan umpan balik dari peserta didik. Umpan balik ini akan menjadi acuan bagi saya untuk mengevaluasi efektivitas strategi yang telah diterapkan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Dengan langkah-langkah yang sistematis dan terencana ini, saya berharap dapat menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya efektif dan menyenangkan, tetapi juga mampu meningkatkan keterampilan literasi peserta didik sesuai dengan konteks sosial budaya yang mereka miliki.

Daftar Pustaka

Lestari, D. P. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY SISWA KELAS IV SD N GADINGAN WATES. BASIC EDUCATION, 7(29), 2-845.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline