Lihat ke Halaman Asli

Billa

Fresh Graduate Ilmu Komunikasi

Social Media Manager; Pekerjaan Baru yang Menggiurkan

Diperbarui: 8 Mei 2018   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Social media manager (sumber foto: https://leonidesignoryblog.files.wordpress.com/2014/03/social-media-confusion1.jpg)

Zaman semakin berkembang, pekerjaan pun semakin beragam. Pekerjaan yang sebelumnya tak pernah terbayangkan akan ada, saat ini justru muncul dan menjamur di berbagai bidang. Salah satu pekerjaan baru yang cukup dimininati banyak orang adalah social media manager.

Social media manager saat ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Perusahaan menyadari betapa bernilai dan berharganya seorang social media manager di dalam social media marketing.

Dalam bayangan beberapa orang, menjadi seorang social media manager mungkin suatu pekerjaan yang mudah. Suatu pekerjaan dibalik layar yang bisa dilakukan kapan saja. Hanya bermodalkan gawai dan koneksi internet, ia langsung bisa menjalankan pekerjaannya.

Tak Semua Orang Bisa

Meskipun sering dilihat sebagai pekerjaan yang mudah, nyatanya tak semua orang bisa menjadi social media manager. Ia harus memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pemasaran, serta mahir dalam teori dan aplikasi pemasaran konten.

Selain itu, ia juga harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai platform media sosial serta bagaimana setiap platform tersebut digunakan dalam berbagai skenario. Aktif dalam berbagai media sosial pun mengharuskan social media manager mempunyai kemampuan menulis dan bahasa yang baik.

Terlepas dari hal-hal di atas, social media manager juga harus memiliki kemampuan yang besar dalam mengidentifikasi potensi situasi negatif atau krisis. Hal ini bertujuan untuk menerapkan prinsip resolusi konflik sehingga dapat mengurangi masalah.

 Tanggung Jawab dan Pekerjaan

Selain mengharuskan beberapa kualifikasi dan pengalaman, pekerjaan yang dilakukan social media manager ternyata tak semudah yang dibayangkan. Menjadi social media manager berarti harus siap untuk menjadi orang yang bisa mengembangkan dan menerapkan rencana pemasaran media sosial.

Dikutip dari Social Media Manager Job Description: A Complete Guide, terdapat beberapa tanggung jawab dan pekerjaan yang dilakukan, antara lain:

  • Mengatur pembuatan dan penerbitan konten (gambar, video, tulisan) yang relevan, asli dan berkualitas tinggi sehingga bisa menjangkau target.
  • Membuat jadwal penerbitan konten secara berkala.
  • Menerapkan kalender editorial untuk mengelola konten.
  • Merencanakan kampanye pemasaran yang spesifik dan tepat waktu.
  • Mampu menjadi brand development yang bisa memberikan alasan kuat mengapa konsumen harus membeli/menggunakan produk yang dipasarkan.
  • Mengidentifikasi target pelanggan dan menetapkan tujuan yang jelas.
  • Menjadi advokat bagi perusahaan di ruang media sosial; terlibat dalam dialog dan menjawab pertanyaan jika diperlukan. Hal ini dilakukan dengan memantau, mendengarkan, dan menanggapi audiens sambil mengembangkan prospek dan penjualan.
  • Memantau tren yang sedang terjadi baik di media sosial, aplikasi, saluran, desain, maupun strategi yang digunakan audiens.
  • Mengidentifikasi ancaman dan peluang dalam konten buatan pengguna di sekitar perusahaan.
  • Melakukan strategi promosi yang tepat, dengan memperhatikan masing-masing media sosial yang digunakan.
  • Membantu audiens mengambil keputusan pembelian/penggunaan konten yang dipublikasikan. Hal ini dilakukan dengan menjelaskan kepada target mengenai minat, kekhawatiran, dan masalah yang dihadapi.

Penerapan dalam Media Sosial Ditjen Pajak RI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline