Lihat ke Halaman Asli

Makna Desain Logo PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Diperbarui: 30 Juli 2023   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pinterest

Komunikasi visual merupakan cara penyampaian pesan dan informasi yang berupa gambar, warna, bentuk, dan logo.

Logo merupakan bentuk dari identitas visual yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan membangun sebuah brand atau citra perusahaan. Konsep yang terdapat pada logo tentunya mengandung ikon, simbol atau tanda. Logo juga dapat diartikan bahwa terdapat pesan visual atau informasi yang akan disampaikan. Bertepatan dengan hari ulang tahun Indonesia ke 75, logo KAI resmi di rubah.

Berdasarkan informasi melalui akun Facebook resminya, menyebutkan alasan logo KAI dirubah guna mengikuti zaman agar tetap relevan. "Melalui pembaruan logo ini, berharap dapat memberikan semangat baru kepada Kai mewujudkan visi yang didasarkan nilai-nilai baru yang Adaptif, Kolaboratif, Harmonis, Amanah, Loyal, dan Kompeten."   

Warna yang terdapat pada logo PT KAI yaitu, biru tua dan orange, dengan garis tengah pada huruf A.

Garis pada huruf A di tengah merupakanbentuk rel kereta api yang divisualkan garis sambung ke atas pada huruf A. Garis tengah pada huruf  A yang bermakna sebuah harapan PT KAI agar memiliki semangat maju serta menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang dapat dipercaya. Harapan kedepan agar kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Sementara pada huruf A dengan penggunaan italic menggambarkan karakter perusahaan yang, terpercaya, progresif, dan berpikiran terbuka.

Penggunaan warna

Pada logo KAI huruf A di tengah menggunakan warna orange, yang dapat menunjukkan kreativitas, tekad, antusiasme, kesuksesan, dan kebahagiaan.

Sementara pada huruf K dan I  menggunakan warna biru tua dapat menunjukkan profesionalisme, amanah, dan percaya diri.  

"Warna pada huruf yang berbeda berharap dapat memberikan hubungan yang harmonis dan kompeten, dari KAI dengan pemangku kepentingan." Sambung keterangan dari unggahan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline