Lihat ke Halaman Asli

syarifuddin abdullah

TERVERIFIKASI

Penikmat Seni dan Perjalanan

Beda Bandung, lain Mosul

Diperbarui: 25 Oktober 2016   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber peta: Google Map, diolah

Ada perbedaan karakter yang sangat mendasar antara kota-kota di Indonesia, dengan kota-kota yang terletak di bagian tengah-barat Irak.

Jangan membayangkan Mosul seperti Bandung. Kalau ke Bandung, kita dapat menempuh beberapa jalan akses utama dari seluruh arah mata angin, yang bisa digambarkan seperti bunyi lagu lama: “Utara, utara, utara timur laut, timur # Timur, timur, timur menenggara, tengggara # Tenggara, tenggara, Selatan, barat daya Barat # Barat-barat, barat-barat laut utara”. Selain itu, masih tersedia mungkin raturan jalur-jalur kecil atau jalan setapak lainnnya menuju Bandung.

Artinya, kalau ada pasukan gabungan berkekuatan 45.000 prajurit ingin menyerang Bandung, komando operasi bisa membentuk ribuan regu untuk melakukan penetrasi menyusup ke jantung kota Bandung, dengan memanfaatkan jalur-jalur akses kecil itu.

Tapi model penetrasi pasukan ke kota Bandung itu, tidak bisa dilakukan di kota Mosul Irak. Di sekitar Mosul, tidak ada istilah jalan setapak. Sebab seperti lazimnya kota-kota di wilayah padang pasir, jalan akses utama ke sebuah kota kadang hanya empat –benar-benar atau hanya dua atau tiga – jalan aksesnya: Utara, timur, selatan, tenggara.

Dalam kasus Mosul (lihat peta ilustrasi), jalan akses utama menuju kota Mosul – dari seluruh arah mata angin – hanya ada enam jalur utama, plus beberapa jalan akses kecil yang tidak bisa dilewati kendaraan tempur berat.

Itulah sebabnya, pasukan gabungan yang sedang menyerbu Mosul, yang sudah berlajan satu minggu lebih, belum satupun unit tempurnya yang mampu melakukan penetrasi ke jantung kota.

Kondisi jalur akses seperti itu memang ada plus-minusnya. Bagi kombatan ISIS, konsentrasi pertahanan tidak terlalu melebar. Kalau mau menghadang gerak maju pasukan gabung, tinggal menjaga enam jalur akses utama. Tapi begitu enam jalur utama berhasil dikuasai, kombatan IS akan terjebak di dalam kota. Tidak banyak altenatif jalur pelarian.

Terus kota-kota kecil terdekat dan terletak di sekitar Mosul, seperti Bartella (di timur), Tall Kayf (di utara), Ba’shiqah (di  timur laut), umumnya hanya bisa diakses dari dua arah, dan salah satunya adalah akses yang menghubungkan kota kecil itu dengan kota Mosul.

Selain itu, wilayah di sekitar Mosul nyaris tidak ada pohon-pohon besar. Semua pergerakan kendaraan di darat, dapat terlihat jelas dari udara. Artinya jet tempur dan drone bisa menarget sasarannya dengan jelas, tidak ada halangan dedaunan atau pepohonan.

Syarifuddin Abdullah | Selasa, 25 Oktober 2016 / 24 Muharram 1438H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline