Lihat ke Halaman Asli

Sabda akmal

Mahasiswa

Sosok Banksy Seniman yang Misterius

Diperbarui: 25 Oktober 2022   00:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Banksy adalah penggambar grafiti, pelukis, pembuat film sekaligus aktivis yang pernah menjadi salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh versi Time pada 2010. Kebanyakan penggemar karyanya tak begitu peduli dengan kemisteriusan identitas dan juga wajahnya.


Kendati demikian, Banksy dihormati karena "pemboman" atau pembuatan grafiti ilegal di dinding-dinding Bristol, Inggris, sejak 1990-an hingga karyanya di rumah-rumah pelelangan di Amerika dan Inggris.

Karyanya tak hanya di dinding tetapi juga dituangkan di atas kanvas, berbentuk patung konseptual, bahkan film berjudul "Exit Through the Gift Shop" yang menjadi nominasi untuk Academy Awards.

Karyanya dilindungi oleh Pest Patrol, organisasi khusus yang dibentuk Banksy. Banksy selalu mengendalikan narasinya sendiri. Wawancara tatap muka terakhirnya dengan media terjadi pada tahun 2003.

Meski berlindung di balik identitas tersembunyi, dia mendukung hubungan langsung antara seorang seniman dan penikmat karya-karyanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline