Lihat ke Halaman Asli

Sabat Daniel

Mahasiswa

Pelatihan Mikrotik bagi Guru dan Siswa TKJ SMKN 10 Malang oleh Dosen PTI UM

Diperbarui: 6 Agustus 2022   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Pelaksana Pengabdian melakukan sesi Foto Bersama dengan sebagaian peserta guru dan siswa TKJ SMKN 10 Malang (Dokpri)

Malang – Tim Dosen Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Wahyu Nur Hidayat, M.Pd. menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema kegiatan “Pelatihan Mikrotik Untuk Peningkatan Kompetensi Administrasi Jaringan Komputer Guna Menyongsong Sertifikasi MTCNA bagi Guru dan Siswa TKJ SMKN 10 Malang.” Pelatihan ini diadakakan di SMKN Negeri 10 Malang melibatkan tim pengabdian dosen UM diantaranya, Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., Khoirudin Asfani, S.Pd., M.Pd., dan diikuti oleh para Guru dan Siswa TKJ SMKN 10 Malang.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan mikrotik sebagai sarana dalam mempersiapkan guru dan siswa TKJ SMKN 10 Malang dalam melaksanakan sertifikasi MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.

Sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Waka Humas SMKN 10 Malang (Dokpri)

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan sekaligus dibukannya kegiatan pelatihan oleh Sutrisno,S.Pd selaku Waka Humas. Dalam sambutannya, kepala sekolah SMKN 10 Malang yang diwakili oleh Bapak Sutrisno,S.Pd menyebutkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini selain untuk meningkatkan kompetensi untuk persiapan MTCNA juga diharapkan bisa menjadi bekal bagi para siswa  untuk kegiatan LKS yang akan datang. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Wahyu Nur Hidayat, M.Pd. selaku ketua tim pengabdian menjelaskan mengenai kegiatan pelatihan yang akan dilakukan dan juga keseluruhan kegiatan danai oleh kegiatan pengabdian internal UM LP2M Universitas Negeri Malang.

Proses kegiatan pelatihan yang dilaksanakan yakni dimulai dari pemberian soal pre-test kepada peserta yaitu guru dan siswa TKJ SMKN 10 Malang sebagai sarana evaluasi untuk mengetahui sejauh mana menguasai suatu materi yang akan diajarkan. Kemudian kegiatan dilanjutkan melalui praktik mikrotik yang dibimbing oleh tim instruktur yaitu Khoirudin Asfani, S.Pd., M.Pd., dan Febrianto Alqodri, S.Pd.

Pelatihan Mikrotik yang diikuti oleh para guru dan siswa SMKN 10 Malang (Dokpri)

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para guru salah satunya Nur Khasanah, S.Pd selaku Kepala Program Keahlian TKJ, menurutnya bapak dan ibu guru harus selalu update terkait teknologi, pengetahuan materi dan pembelajarannya khususnya para guru pengampu yang berhubungan dengan mikrotik dan juga pelatihan yang diadakan lebih menyenangkan karena juga berkolaborasi dengan para siswa tak lupa Nurkhasanah, S.Pd juga mengungkapkan terimakasih atas kerjasamanya dan kepercayaan UM terhadap SMKN 10 dan berharap tahun depan bisa terlaksana lagi.

Tanggapan positif juga di ungkapkan oleh Nadia Haqqi, S.Pd selaku guru TKJ menurutnya pelatihan yang diadakan sangat bermanfaat dan membantu memperdalam pemahaman materi maupun praktik mikrotik sehingga dapat menjadi bekal ilmu untuk bisa diajarkan kepada siswa yang kurang memahami mikrotik.

Ke depannya kegiatan pelatihan ini akan dilanjutkan secara online baik sinkron maupun asinkron untuk penyelesaian studi kasus yang diberikan oleh instruktur. Pelatihan ini juga sekaligus menjadi moment membina siswa untuk persiapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang instalasi jaringan. Harapannya juga kegiatan pengabdian memberikan manfaatkan yang baik untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa serta memberikan pengalaman untuk persiapan sertifikasi MTCNA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline