Lihat ke Halaman Asli

Sabat Daniel

Mahasiswa

Pelatihan Microlearning Program Pegabdian Dosen-Dosen UM

Diperbarui: 5 Agustus 2022   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tim dosen Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Wahyu Nur Hidayat, M.Pd. beserta dengan timnya gelar kegiatan pelatihan pemanfaatan microlearning dalam pembelajaran. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema "Pelatihan Microlearning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Bagi Guru MGMP TIK Kota Malang". Pelatihan ini diadakan di SMP Negeri 5 Malang dan berkolaborasi dengan guru MGMP TIK Kota Malang.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan sudut pandang baru bagi guru dalam memanfaatkan TIK melalui microlearning pada masa pandemi. Implementasi pembelajaran secara digital pada masa pandemi tentu guru dituntut kreatif dalam penyampaian materi sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang menghadirkan teknologi pada aspek pendidikan.

dokpri

Dalam kegiatan ini, Wahyu Nur Hidayat, M.Pd. menjelaskan microlearning adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran dengan memaparkan materi secara singkat, berbobot, dan jelas. Microlearning ini dapat diterapkan dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, tiktok,youtube, dll. Penggunaan microlearning dalam pembelajaran diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi dan menarik minat siswa dalam belajar.

Proses kegiatan yang dilaksanakan yakni pemberian materi dan diskusi mengenai media pembelaaran berbasis TIK dengan microlearning. Kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung pengaplikasian microlearning dalam pembuatan media melalui aplikasi Canva dan VN. Kegiatan ini mendapat respon positif dari para guru. Para guru langsung mempraktikkan pembuatan media pembelajaran sesuai dengan bidangnya dengan antusias, aktif, dan kreatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline