Lihat ke Halaman Asli

Sabaruddin Siagian

Dosen, Penulis, dan Pengamat Ekonomi dan Perbankan, dan pernah bekerja selama 15 tahun di Kantor Pusat Panin Bank Tbk. Dan mengajar sebagai dosen di Institut Perbanas, Jalan Kuningan, Jakarta, selama 10 tahun. Saya sudah menulis banyak tulisan opini di berbagai media nasional secara teratur, antara lain, di Koran SUARA KARYA, Koran SINDO, HARIAN BISNIS INDONESIA, KORAN JAKARTA, MEDIA INDONESIA, SINAR HARAPAN, KOMPASIANA dan detik.com dan majalah Keuangan Perbankan dan setiap semester menulis jurnal ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi nasional, dan sekarang bekerja sebagai dosen di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).Jakarta.

Berhalunisasi Memenangkan Pilpres Satu Putaran

Diperbarui: 21 November 2023   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Penulis: Sabaruddin Siagian 

Kubu koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sering mengklaim akan memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden atau pilpres 2024 berlangsung dalam satu putaran. 

Kubu Prabowo-Gibran mengklaim juga memenangkan pilpres 2024 tersebut dengan menggunakan hasil survei elektibilitas peserta pilpres dari berbagai lembaga survei. Kubu tersebut menyatakan   kemenangan pilpres dalam satu putaran di berbagai diskusi publik dan di berbagai saluran media dengan resonansi tinggi.

Petinggi partai Gerindra dan juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Andre Rosiade, dengan keyakinan tinggi mengatakan bahwa pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran karena elektibilitas Prabowo-Gibran sudah unggul jauh sekali terhadap Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muihaimin Iskandar.

Andre menunjukan hasil survei Populi Center untuk mendukung klaimnya di mana dalam hasil survei Populi tersebut memang elektibilitas Prabowo-Gibran unggul telak sekali terhadap Ganjar-Mahmud MD dan juga Anies-Muhaimin. 

Memang dalam hasil survei Populi yang dirilis Kamis (9/11/2023) itu mengunggulkan Prabowo-Gibran 43,1%, sedangkan Ganjar Pranowo 23% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3%.

Untuk menguatkan argumentasinya bahwa pilpres berlangsung satu putaran, Andre mengungkapkan hasil survei SMRC yang memenangkan mutlak Prabowo-Gibran. 

Alangkah berani dan terburu-burunya Andre menyatakan kemenangan mutlak Prabowo-Subianto dengan merujuk hasil survei SMRC. Padahal SMRC tidak melakukan survei elektibilitas peserta pilpres seperti yang diungkapkan Andre tersebut.

Bukan saja Andre yang getol menyatakan Prabowo-Gibran memenangkan satu putaran, tetapi juga petinggi kubu koalisi itu, Grace Natalie, Habiburokhman, termasuk Prabowo dan Gibran juga, mengklaim kemenangan pasangan Prabowo-Gibran dalam pilpres 2024 dengan satu putaran.

Partai pendukung Prabowo-Gibran, partai Demokrat, dan para pendukung partai itu meyakini koalisi mereka memenangkan pilpres dalam satu putaran. Keyakinan partai Demokrat mengklaim kemenangan pilpres satu putaran dinyatakan Susilo Bambang Yudhono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhono (AHY) di acara pembekalan caleg partai Demokrat di Madiun.

Dalam pernyataan AHY di Madium itu mengatakan bahwa Prabowo-Gibran akan memenangkan pilpres 2024 dalam satu putaran. AHY menyebutkan elektibilitas Prabowo-Gibran berdasarkan hasil survei dari lembaga survei sudah mencapai 42-45%.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline