Lihat ke Halaman Asli

Mal sebagai Mediasi Pembelajaran yang Akurat bagi Anak

Diperbarui: 20 September 2017   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saat ini, hampir setiap minggu , banyak keluarga yang menghabiskan waktu liburan di mal. Keperluannya bisa bermacam-macam, ada yang sekedar berbelanja, sekedar berjalan-jalan/cuci mata, atau sekedar menghadiri pameran-pameran yang sedang berlangsung di mal tersebut.

Beberapa tempat di mal, sebetulnya bukan hanya bisa dijadikan sebagai tempat belanja atau hanya cuci mata semata, namun jika kita sebagai orang tua jeli memperhatikan setiap sisi di mal tersebut, akan ada banyak sekali tempat atau suasana yang bisa dijadikan sebagai media belajar anak. Suasananya yang menyenangkan tentu akan membuat anak tidak terbebani saat belajar di mal. Anak tanpa mereka sadari akan belajar sesuatu tanpa merasakan suasana belajarnya.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan jalan-jalan di mal sekaligus belajar untuk anak.

1. Saat berbelanja

Berbelanja sangatlah identik dengan bu ibu dari masa dulu hingga sekarang. Saat berbelanja ini, bu ibu bisa menjadikan media belajar bagi anaknya. Seperti mempelajari bagaimana cara memilih produk yang baik (ikan/daging yang segar), cara mengatur uang jajan dengan memberikan anak beberapa uang dan biarkan anak mengatur sendiri apa yang ingin dia beli, atau belajar matematika dengan berhitung barang belanjaan yang dibeli.

2. Wisata Edukasi ke Toko Buku

Berkunjung ke toko buku menjadi salah satu media belajar yang sangat efektif untuk anak. Dengan berkunjung ke Toko buku dapat menanamkan kecintaan terhadap membaca pada anak sedari kecil. Karena ilmu tidak hanya bisa di peroleh dari buku pelajaran di sekolah atau Textbook ,namun juga bisa di dapatkan di buku-buku lainnya. mengingat akan hal tersebut, biarkanlah anak memilih buku yang disukainya, karena tidak menutut kemungkinan ada hal yang bisa anak pelajari dari buku komik kesukaan anak. (namun tetap dalam pengawasan orang tua)

3. Belajar di Wahana Permainan

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang sangat jitu untuk anak belajar sambil bermain. Dalam permainan, anak bisa belajar berkompetisi dan menguji ketangkasan di arena permainan yang banyak terdapat di mal. Ingat, kecerdasan bukan di ukur dari IQsemata loh, kita juga harus memperhatikan EQ-nya.Ada banyak hal lain yang bisa dipelajari anak secara menyenangkan.

semoga artikel saya ini bermanfaat......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline