Lihat ke Halaman Asli

Mengupas Fakta tentang Permainan BEPE

Diperbarui: 20 Maret 2017   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Permainan BEPE adalah salah satu permainan yang mayoritas dimainkan oleh anak perempuan. Permainan BEPE adalah nama permainan dari daerah Sunda (kalo di daerah saya (Polewali Mandar) sih namanya permainan bongkar pasang) di daerah kalian namanya apa yah? Ayo tuliskan di kolom komentar di bawah yah :D 

Pasti masih pada penasarankan apa sih itu permainan BEPE atau Bongkar pasang (versi Polman) ? nah kalian bisa lihat contoh permainanya pada gambar yang saya lampirkan di atas.

Nah kali ini saya akan mengupas sedikit fakta tentang permainan ini. Mengapa? Karena permainan ini sudah mulai terlupakan atau bisa dikatakan sudah musnah karena pada zaman sekarang ini banyak bermunculan permainan-permainan yang lebih keren dan menarik perhatian anak-anak zaman sekarang, yaitu game online. Padahal permainan BEPE ini banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak, salah satu  manfaatnya yaitu  perkembangan bahasa anak.

Dalam permainan ini, anak bermain layaknya bermain rumah-rumahan namun dalam versi miniatur dengan memainkan orang-orangngan yang terbuat dari kertas tersebut. Kalo versi onlinenya sih banyak sekali, tapi kebanyakan mengandung konten dewasa yang otomatis memberi dampak buruk bagi anak-anak yang memainkannya. Emang sih permainan BEPE versi non online ini agak jadul dan sudah ketinggalan zaman banget, tapi manfaatnya banyak sekali untuk anak.  Nih saya kasih tahu fakta-fakta kebaikan dari permainan ini untuk anak.

  • Perkembangan bahasa anak. Dalam permainan ini,  mendorong dan memfasilitasi anak untuk membangun kekuatan berpikirnya sendiri melalui penggabungan seluruh  bahasa ekspresif  dan komunikatif. Anak dituntut untuk memainkan peran layaknya bermain sebuah peran sebuah tokoh namun dituangkan dalam bentuk orang-orangan dari kertas.
  • Perkembangan motorik anak. Motorik halus anak akan distimulus dalam permainan ini dengan cara anak mampu mengkoordinasikan matanya dengan gerakan tangannya. Dalam permainan ini anak melakukan gerakan seperti menuntun orang-orangan jalan, memakaikan pakaian dan lain-lain
  • Perkembangan sosial emosional anak. Saat anak melakukan permainan ini, anak  dapat mengekspresikan perasaannya sesuka hati dia. Terkadang pula anak akan menuangkan pengalaman-pengalaman yang telah ia terima dalam permainan ini. Dalam pemainan ini juga anak diajarkan bersosialisasi dengan lingkungannya dengan cara permainan ini dilakukan oleh beberapa orang dan melakukan interaksi sosial dalam permainan ini.

Nah itulah ketiga fakta kebaikan untuk anak dalam permainan BEPE. Saya sarankan orang tua haruslah meminimalisir penggunaan game-game online pada anak yang masih sangat belia, karena game-game lebih banyak kejelekan untuk anak daripada kebaikan untuk anak. Ada saatnya anak mengenal dunia game online itu, namun bukan saat mereka usia masih dini sudah dikenalkan dengan hal demikian. Contoh kejelekan untuk anak dari game online adalah akan membuat anak kurang bersosialisasi dengan lingkungannya akibat kecanduan bermain game tersebut. Kenalkanlah anak permainan-permainan yang bisa membuat anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya namun masih dalam pengawasan orang tua.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya sampai akhir :D

Keep Smile On Your Face :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline