Lihat ke Halaman Asli

Sabar

Iman ilmu dan amal seta koneksi harus dimiliki dalam membangun bangsa

Ayo Majukan UMKM Sekitar Anda, dengan Membeli di Warung Tradisional

Diperbarui: 2 September 2020   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Warung Sembako (Dok. pribadi)

Pada saat ini yaitu zaman dimana jarak dan informasi bukan lagi suatu hambatan. Semua orang harus bisa menerapkan teknologi, Suka tidak suka, mau tidak mau kita harus menghadapi hal itu. Saat ini Indonesia sekarang mengalami pelemahan ekonomi, tidak hanya indonesia melainkan semua negara yang ada di dunia ini. Dikarenakah wabah pandemic yang tak berkesudahan. Sebagai salah satu cara adalah membangun ekonomi Negara adalah dengan mendorong sektor UMKM.

Pengertian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Berdasarkan jurnal Enterpreneur UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN.

Sekitar 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah bentuk usaha mikro, kecil dan menengah dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Bisnis ini memiliki proporsi sebesar 99,99% dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit. Oleh karena itu, kerjasama untuk pengembangan dan ketahanan bisnis usaha mikro, kecil dan menangah perlu diutamakan.

Pada artikel ini saya mengajak kepada pembaca untuk membeli di Warung Kecil di sekitar anda karena warung tersebut merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan membeli di toko yang ada di lingkungan anda, secara tidak sengaja anda telah membantu perekonomian masyarakat lingkungan sekitar. sehingga industri kecil-kecilan bisa tumbuh dan meyerap tenaga kerja yang ada di lingkungan anda.

Menurut Definisi Warung adalah usaha kecil milik keluarga yang berbentuk kedai, kios, toko kecil, atau restoran sederhana --- istilah "warung" dapat ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Warung adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan keseharian rakyat Indonesia. Ada banyak jenis-jenis warung berdasarkan produk yang dijual yaitu ada Warung nasi adalah warung yang menjual nasi dan lauk pauk, semacam rumah makan sederhana kemudian ada Warung sembako yaitu warung yang menjual kebutuhan sehari-hari, adapun sembako adalah singkatan dari kata sembilan bahan pokok kebutuhan sehari-hari. Warung kopi, warung yang menjual kopi dan kudapan; berbagai gorengan seperti pisang goreng atau buah segar. Warung rokok yaitu  warung yang menjual rokok, permen, minuman ringan, kerupuk dan kudapan lainnya, serta berbagai keperluan sehari-hari. Warung terapung yaitu warung berupa perahu yang mengapung di atas sungai yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Warung Tegal yaitu warung nasi khas Tegal. Warung Internet, warung yang menyewakan komputer untuk terhubung ke internet serta Warung telekomunikasi yaitu  warung yang menyewakan sambungan telepon (Populer tahun 2000an)

Disini Penulis akan menyinggung sisi problem yang dihadapi para pemilik UKM yaitu : Kelemahan dalam memperoleh peluang pasar dan memperbesar pangsa pasar, maksudnya adalah para pelaku UKM kesulitan dalam memperbesarkan skala usahanya  keterbatasan untuk memperoleh jalur terhadap sumber-sumber permodalan. Selanjutnya Kelemahan di bidang organisasi dan manajemen sumber daya manusia.  Ditambah lagi Keterbatasan jaringan usaha kerjasama antar pengusaha kecil (sistem informasi pemasaran).  Selain itu Iklim usaha yang kurang kondusif, karena persaingan yang saling mematikan dan juga Pembinaan dan pendampingan yang telah dilakukan masih kurang terpadu dan kurangnya kepercayaan serta kepedulian masyarakat terhadap usaha kecil.

Harapannya dengan adanya artikel ini, mampu referensi persuasif dalam mengedukasi masyarkat dalam memajukan UMKM Indonesia.

Referensi :
1. https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/
2.  Jauhari, Jaidan. 2010 : Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010" Upaya Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaat E-Commerce
3. Image :https://images.app.goo.gl/jtX8eoUahRGZGyWR9
4 Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline