Definisi CRM Serta Pengertiannya
CRM atau kepanjangan dari Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang umumnya dijalankan untuk manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan tersebut bukan hanya sebatas pada komunikasi yang ditujukan secara massal saja, melainkan lebih terperinci saat ini manajemen hubungan pelanggan telah memanfaatkan personalisasi pesan sehingga mampu meraih perhatian pelanggan.
Customer Relationship Management pun tak hanya sekedar bertujuan untuk mengakuisisi konsumen, namun juga bertujuan untuk mengelola hubungan hingga mampu menimbulkan customer retention. Seiring berjalannya waktu pun saat ini Customer Relationship Management telah menggunakan berbagai perangkat aplikasi CRM. Aplikasi CRM yang dimaksud biasanya digunakan untuk leads management, memantau penjualan hingga digunakan untuk mentrigger berbagai macam promosi yang hendak dikirim ke customer. Tujuan akhir dari penggunaan CRM tentunya adalah untuk memantau serta menjalin hubungan pelanggan sehingga mampu memberikan mutual benefit bagi perusahaan.
Baca Juga : 5 Manfaat Omnichannel Customer Service
Mengapa Bisnis Anda memerlukan CRM?
Pertanyaan berikutnya, lantas mengapa bisnis Anda saat ini memerlukan CRM?
Menjalin hubungan dengan customer bukan hanya dilakukan secara ad hoc melainkan harus dilakukan secara terus-menerus baik melalui perangkat lunak maupun secara offline. Namun dengan adanya perangkat lunak yang semula customer relationship management dijalankan satu per satu saat ini mampu dijalankan secara bersamaan dan dengan waktu serta hasil yang lebih terukur.
Beberapa aktivitas yang biasanya dijalankan dengan menggunakan konsep customer relationships diantaranya adalah sales atau penjualan, customer service atau dukungan pelanggan, hingga aktivitas marketing untuk mendukung kampanye pemasaran. Relationship management di setiap aktivitas pun dijalankan berbeda-beda tergantung bagaimana perusahaan menjalankan konsep bisnis.
Umumnya sistem CRM yang digunakan untuk CRM sales digunakan untuk leads management, forecast penjualan, hingga memantau aktivitas sales. Sistem CRM umumnya dapat berdiri sendiri maupun dapat diintegrasikan dengan surrounding system. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sistem manajemen hubungan pelanggan. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan CRM platform untuk diintegrasikan dengan whatsapp business untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan adanya integrasi sistem CRM hal ini tentunya dapat berguna untuk mengurangi biaya serta mempercepat proses bisnis yang semula masih silo (saling terpisah) untuk mencapai target revenue yang ditentukan oleh perusahaan.
Platform CRM seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda?
Berbicara mengenai platform CRM atau perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, tentunya kita sering kali mengalami kesulitan seperti apa platform CRM yang cocok untuk bisnis Anda?