Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ihsanulzikri

Mahasiswa di Universitas Brawijaya

MMD 504 UB: Perbaikan Nutrisi dengan Pembuatan Urea Molases Block & Fermentasi Hijauan Pakan Ternak

Diperbarui: 22 Agustus 2023   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pembuatan Urea Molasses Mineral Block/Dok pribadi

Desa Tanggung, 13 Juli 2023 - Kelompok 504 Mahasiswa Membangun 1000 Desa (MMD 1000D) Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan mengenai Pembuatan Urea Molasses Mineral Block dan Fermentasi Hijauan Pakan Ternak Dengan Metode Silase untuk  Perbaikan Nutrisi Pakan Ternak. Dalam kegiatan ini, anggota kelompok 504 (Lintang H) memperkenalkan Urea Molases Mineral Blok (UMMB) atau  Permen Sapi kepada para peternak di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peternak tentang alternatif suplemen pakan yang murah serta mudah dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan yaitu UMMB serta metode silase yang dapat menunjang pertumbuhan ternak. 

Pelaksanaan program kerja ini dilatarbelakangi oleh analisis masalah yang dilakukan oleh Kelompok 504 bersama Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Rudianto Raharjo, S.T., M.T. yang memberikan inisiasi untuk mengembangkan potensi sektor peternakan Desa Tanggung melalui Pengenalan dan Pelatihan dalam Pembuatan suplemen Urea Molasses Mineral Block (UMMB) atau sering dikenal dengan Permen Mineral Sapi serta Silase atau  Fermentasi Hijauan Pakan Ternak. Masih kurang dikenalnya pemberian suplemen tambahan terhadap pakan ternak menjadi faktor utama kegiatan ini dilaksanakan guna menjawab permasalahan pada sektor peternakan Desa Tanggung. Kebanyakan dari peternak hanya memberikan pakan saja, tanpa memperhatikan nutrisi tambahan pada tubuh ternak sudah tercukupi atau belum. Tidak tercukupinya nutrisi dapat berdampak pada kesehatan ternak. Selain itu, biasanya pada musim kemarau sulit untuk mencari hijauan segar sehingga dapat dilakukan metode silase untuk mempertahankan kualitas hijauan pakan ternak dalam waktu yang lama.

Sosialisasi Pembuatan Mineral Block/Dok pribadi

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, bertempat di Masjid Al Fatah Desa Tanggung. Pada hari Rabu (12/07/2023) dilaksanakan sosialisasi tentang cara pembuatan UMMB dan silase menggunakan media video serta pemberian sampel uji kepada masyarakat. Kemudian keesokan harinya, Kamis (13/07/2023) dilaksanakan praktik pembuatan UMMB dan silase secara langsung oleh para peternak, dibimbing oleh mahasiswa MMD-1000D Universitas Brawijaya. Mahasiswa menjelaskan secara rinci tentang UMMB dan silase berikut manfaatnya bagi ternak. UMMB (Urea Molasses Mineral Block) sendiri merupakan suplemen pakan kaya nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan ternak. Selain UMMB, mahasiswa juga memberikan penjelasan mengenai metode silase yang bertujuan untuk menjaga kualitas nutrisi pakan agar dapat dipertahankan dalam waktu yang lama. Dengan adanya UMMB dan silase ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ternak yang selanjutnya dapat meningkatkan kualitas ternak para peternak di Desa Tanggung.    

Praktek Pembuatan Mineral Block/Dok pribadi

Para Peternak Desa Tanggung sangat bersemangat dan menyambut antusias kegiatan ini. Mereka menganggap hal ini sebagai kesempatan berharga untuk memperoleh pengetahuan baru yang dapat meningkatkan keberhasilan usaha peternakan mereka. Beberapa peserta bahkan berencana untuk mengadopsi metode ini segera setelah mereka kembali ke peternakan masing-masing.  

"Wah, pada seneng, Mas ternak saya dikasih sampel kemarin, saya taro semalem, langsung rebutan trus paginya sudah habis. Ini kalau dibikin banyak bagus mas soale pada seneng sapi sama kambingnya" ujar Bapak Ma'ruf, salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Program kerja ini tidak terlepas dari peran Bapak Rudianto Raharjo, S.T., M.T. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 504 serta rekan-rekan Kelompok 504 Mahasiswa Membangun 1000 Desa (MMD-1000D Universitas Brawijaya) yang telah sukses di laksanakan guna mendorong potensi sektor peternakan Desa Tanggung. Dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan ini, para peternak diharapkan telah mengetahui pentingnya pemenuhan nutrisi ternak serta memahami tahap pembuatan UMMB dan melakukan metode silase sehingga dapat terjadi peningkatan kualitas ternak yang selanjutnya diharapkan pula dapat membantu peternak Desa Tanggung dalam hal ekonomi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline